Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

17 Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar yang Murah Meriah

5 min read

Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar Murah Meriah Modal Kecil Praktis

Usaha jajanan anak sekolah dasar sebenarnya tidak kenal oleh waktu. Dari dulu sampai sekarang, anak-anak pasti suka sekali jajan. Anda juga pasti suka jajan sewaktu sekolah bukan? Rasanya, ingin jajan mulu.

Nah, ini merupakan peluang yang bisa diambil. Apalagi usaha jajanan anak sekolah dasar cukup praktis dan murah meriah. Dengan modal kecil atau seadanya saja, anda sudah bisa berjualan di lingkungan sekolah atau di depan SD.

Harus diakui, usaha jajanan untuk anak SD keuntungannya memang tidak terlalu besar, tetapi setidaknya bisa untuk hidup sehari-hari atau sebagai tambahan penghasilan, buktinya masih banyak penjual yang bisa berjualan hingga bertahun-tahun.

Untuk kisaran harga jajanannya sendiri bervariasi, antara Rp 1.000 – Rp 10.000. Jika daerahnya kota, mungkin harga jajanannya lebih mahal lagi. Tapi untuk daerah yang tidak terlalu kota, biasanya kurang dari sepuluh ribu.

Intinya, jangan dipukul rata, sesuaikan dengan kondisi daerahnya.

Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar Modal Kecil dan Murah Meriah

Inilah beberapa rekomendasi bisnis jajanan anak SD yang praktis, modal kecil dan laris banget dibeli. Dari tahun ke tahun masih tetap eksis karena jajanannya sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia.

1. Jasuke

Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar Jasuke
cookpad / @ Putri Rea

Yang pertama ada Jasuke. Jasuke sendiri singkatan dari Jagung, Susu dan Keju. Jasuke sendiri termasuk jajanan anak sekolah yang praktis dan murah meriah. Anak jaman now juga banyak yang suka dengan jajanan ini.

Selain itu, cara membuat jasuke juga sangat mudah.

  • Pertama, serut/pipil 2 buah jagung hingga bersih lalu cuci.
  • Selanjutnya, rebus jagung tadi sampai matang tanpa menggunakan gula atau apapun.
  • Kalau sudah matang, tiriskan jagung.
  • Campurkan jagung dengan 1 sendok makan margarin untuk 2 buah jagung tadi.
  • Terakhir, tambahkan susu kental manis dan keju yang sudah diserut ke setiap porsi jasuke.
  • Selesai, jasuke siap untuk dijual kembali.

Harga jasuke tergantung ukurannya, biasanya harganya antara Rp 4000 – Rp 7000. Silakan anda sesuaikan ukuran dan harganya, kira-kira anak SD mau beli atau tidak.

2. Cilok

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar Cilok

Cilok sebenarnya sudah cukup familiar. Asal muasal nama cilok sebenarnya berasal dari singkatan ‘aci dicolok’. Karena terbuat dari aci (tepung singkong/tapioka), tekstur yang dihasilkan jadi agak kenyal.

Bentuk cilok sendiri bulat menyerupai bakso namun bentuknya lebih kecil. Bahan-bahan yang digunakan juga sederhana seperti tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, bawang putih, garam, merica bubuk, dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Proses pembuatan cilok secara singkat diawali dengan mengolah bumbu-bumbu, isian atau topping. Kemudian mengolah adonan ciloknya sesuai takaran lalu dibentuk bulat-bulat. Selanjutnya ciloknya direbus hingga mengambang lalu diangkat dan tiriskan.

Anda bisa membuat kreasi cilok jaman now dan kekinian agar anak sekolah makin suka. Bisa buat jadi cilok saos kacang, cilok isi keju, cilok goreng, cilok isi keju, cilok isi abon, cilok isi telur, atau yang lainnya.

Anda bisa menjual cilok dengan harga mulai dari 1000, sesuaikan dengan keinginan pelanggan.

3. Cimol

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar Cimol

Cimol berasal dari Bahasa Sunda yaitu ‘Aci digemol’ yang artinya tepung tapioka dibuat bulat-bulat. Cimol sekilas mirip cilok, namun ternyata berbeda loh. Cilok punya tekstur yang padat dan basah, sedangkan cimol teksturnya kering, renyah, dan isinya agak kopong.

Pembuatan cimol mungkin kurang lebih sama dengan cilok, hanya beberapa step yang berbeda terutama di bagian memasaknya. Cimol sendiri kalau adonanya sudah dibentuk bulat langsung digoreng, bukan direbus.

Dan setau saya, cimol tidak diberi isi bagian dalamnya sehingga agak kopong. Agar tambah nikmat, cimol disajikan dengan bumbu bubuk aneka rasa seperti keju, balado, dan pedas cabai.

4. Batagor

Ide Bisnis Jajanan Anak SD Batagor

Siapa sih yang nggak suka batagor? Baik anak kecil maupun dewasa, biasanya akan menyukai batagor. Batagor sebenarnya singkatan dari ‘Baso tahu goreng’, jadi baso tahu digoreng terlebih dahulu setelah itu diberi saus kacang, sedikit sambal, kecap dan mentimun.

Di desa, batagor masih bisa dinikmati anak-anak dengan rentang harga Rp 2000 sampai Rp 5000 per porsinya. Sudah enak, murah lagi.

5. Basreng

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - Basreng
cookpad / @ Chika Chika

Basreng adalah kependekan dari baso digoreng. Jajanan ini sangat populer di daerah Jawa Barat. Anda hanya perlu membeli bakso lalu diiris tipis-tipis, selanjutnya baksonya digoreng. Kalau sudah matang, bisa ditambahkan bumbu pedas, balado atau keju sesuai keinginan anak-anak.

6. Siomay

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - Siomay

Usaha jajanan anak sekolah dasar berikutnya yaitu siomay. Sama seperti batagor, jajanan yang satu ini sudah sangat familiar di Indonesia.

7. Telur Gulung

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - Telur Gulung

Anak SD pasti suka jajanan yang satu ini. Selain karena enak, telur gulung juga murah. Untuk membuat telur gulung, anda hanya perlu mencampur telur dengan air dan beberapa bumbu agar rasanya lebih enak. Setelah bahannya dicampur, anda cukup menuangkan bahan adonan tadi ke penggorengan. Sembari menunggu matang, anda bisa menggulung-gulung telur dengan tusuk bambu.

Harga : Rp 100 – 1.000 per tusuk, tergantung besar kecilnya.

8. Es Lilin dan Es Aneka Bentuk

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - Es Lilin
cookpad / @ Liya Mayasari

Dari jaman dulu sampai sekarang, es lilin sepertinya masih disukai banyak orang termasuk anak-anak. Jajanan yang biasanya ada di depan sekolah ini juga modalnya kecil. Anda hanya perlu menyediakan plastik es yang memanjang, kulkas, blender, cetakan, stik es.

Topping es bisa dikreasikan sendiri, misalnya kacang ijo, nanas, apel, dan sebagainya. Untuk es aneka bentuk, anda bisa menggunakan cetakan + stik es agar nanti bisa langsung dijual di sekitar sekolah.

9. Es Minum

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - Minuman

Seperti yang kita tahu, iklim di Indonesia adalah tropis dan suhunya relatif panas. Apalagi di siang hari, pasti sering haus dan ingin minum mulu.

Karenanya, usaha es minum dingin cukup laris dibeli anak-anak. Anda bisa jualan es minum dengan modal minim dan praktis.

Anda hanya perlu menyiapkan blender, plastik dan sedotan. Bahan yang digunakan juga simple yaitu minuman sachetan.

Jajanan anak sekolah ini harga jualnya antara Rp 1000 – Rp 5000.

10. Sosis Bakar

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - SOSIS BAKAR

Seperti yang kita tahu, ada begitu banyak jajanan yang cocok dijual di sekolah. Dan salah satu jajanan yang cukup diminati anak sekolah dasar yaitu sosis bakar. Kalau daerah sekolah agak kota, sosis bakar bisa dinikmati anak-anak, harganya antara Rp 5.000 – 10.000 tergantung ukuran sosisnya.

Anda perlu menyiapkan alat pemanggang, bungkus mika plastik, saus, mayonnaise dan beberapa bumbu tambahan lainnya.  Selanjutnya, anda sudah bisa memulai usaha jajanan ini di sekitar sekolah.

11. Kue Leker

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - KUE LEKER

Kue leker merupakan salah satu jajanan khas kota Surabaya. Namun seiring berjalannya waktu, kue ini menyebar hampir ke banyak daerah di Indonesia.

Bentuknya seperti martabak, namun ini versi tipis dan tidak bersarang. Kulit leker berbentuk lingkaran yang dilipat jadi setengah lingkaran.

Adonan untuk membuatnya juga mudah ditemui seperti tepung terigu, tepung beras, telur, gula pasir, baking powder, garam, vanilli, susu bubuk, dan air. Adonan tersebut digabungkan lalu dituang di teflon yang panas. Setelah agak matang bisa ditambah potongan kecil pisang, coklat, gula pasir, susu kental manis atau keju sesuai selera. Setelah itu, lipat jadi setengah lingkaran dan siap untuk disajikan kepada pembeli.

12. Nugget

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - Nugget

Nugget adalah salah satu jajanan yang dibuat dari olahan daging ayam dengan cita rasa unik, umumnya berwarna keemasan, teksturnya agak kenyal dan lembut jika dimakan. Bahan baku nugget umumnya terdiri dari potongan daging ayam, tepung-tepungan, dan bumbu tambahan. Kalau tidak bisa mau repot membuat sendiri, beli aja di pasar. Harganya juga cukup terjangkau, masih bisa dijual ke anak sekolah dasar.

13. Risoles

Usaha Jajanan Anak SD Murah Meriah - Risoles

Jajanan lawas satu ini memang begitu disukai orang, tak terkecuali anak-anak. Risoles memiliki tektsur yang lembut dan cita rasa yang khas. Cocok dimakan sebagai kudapan atau lauk makan anak-anak. Anda juga bisa menjualnya dengan harga yang relative murah, Rp 2.000 dapat 3 misalnya.

14. Piscok

Bisnis Jajanan di Depan Sekolah Dasar - Piscok
cookpad / @ Dwi Woro Widyastuty

Piscok sendiri merupakan singkatan dari pisang cokelat, yang tentu saja berbahan dasar pisang  dan cokelat. Umumnya, pisang akan dilapisi kulit lumpia dengan topping gula, cokelat/meses dan tepung terigu.

Cara membuatnya juga simple.

  • Belah pisang jadi dua.
  • Ambil kulit lumpia dan letakkan pisang di atasnya.
  • Taburi pisang dengan meses atau cokelat dan sedikit gula pasir.
  • Gulung kulit lumpia dan pisang, lalu di bagian akhirnya beri sedikit tepung sebagai lem perekat. Agar nanti saat digoreng, kulit tidak lepas.
  • Goreng sampai agak kecoklatan.
  • Tiriskan piscok lalu dinginkan.
  • Selesai, kini anda sudah siap berjualan jajanan piscok di daerah sekolah.

Anak-anak banyak yang suka loh, apalagi jika pisang dan cokelatnya yang berkualitas.

15. Donat

Bisnis Jajanan di Depan Sekolah Dasar - Donat

Siapa sih yang nggak tahu donat? Donat adalah jajanan yang digoreng dengan bahan dasar tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Umumnya, donat berbentuk seperti cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isian manis seperti jelly, krim, atau selai.

Jajanan ini hampir disukai oleh tiap usia, baik yang masih muda ataupun yang sudah berumur. Donat juga murah, anda bisa jual mulai dari harga seribu sampai lima ribu rupiah tergantung ukuran, topping dan modalnya.

Silakan pertimbangkan sendiri.

16. Pastel

Bisnis Jajanan di Depan Sekolah Dasar - Pastel

Makanan ringan untuk dijual di sekolah yang selanjutnya adalah pastel. Bagi yang belum tahu, pastel seperti pastri yang terbuat dari adonan tepung terigu, air, mentega cair, sejumput garam dan isian.

Pastel rasanya bermacam-macam, ada yang rasanya manis ada juga yang gurih tergantung isiannya. Isiannya sendiri bisa berupa sayuran (kentang, wortel) yang dipotong kecil-kecil, bihun, daging cincang,  dan sebagainya.

Harganya mulai dari seribu sampai tiga ribuan, tergantung ukuran dan isiannya.

17. Agar-agar Stik Nutrijel

Usaha Jajanan Anak SD Modal Kecil - Nutrijel Stik
cookpad / Rafiahfi

Kalau anda ingin jualan dengan modal yang benar-benar minim, coba jualan agar-agar nutrijel saja. Untuk membuat agar-agar ini, anda hanya perlu menyiapkan cetakan, stik es, plastik, gula pasir, dan nutrijel sachetan.

Keuntungan dari jualan agar-agar ini memang tidak terlalu besar, namun jika buatnya banyak maka hasilnya lumayan juga. Ini bisa jadi dagangan selingan, misal anda jualan es minum dingin lalu anda juga jualan agar-agar ini.

Berdasarkan pengalaman, modal mulai dari nutrijel, gula, dan stik es kisaran Rp 12.000. Sedangkan 1 sachet nutrijel bisa dibuat menjadi 4 wadah es krim (8 buah stik x 4 wadah es = 24 stik agar-agar). Jika 1 stik agar-agar dijual Rp 1.000, maka bisa dapat Rp 24.000. Jadi, keuntungannya Rp 24.000 – Rp 12.000 = Rp 12.000.

Baca juga : Bisnis Kuliner di Instagram Menjanjikan

Nah itulah peluang usaha jajanan anak SD terlaris dan murah meriah. Dengan modal kecil, anda sudah bisa memulai peluang usaha ini di depan SD / di lingkungan sekolah. Saya rasa, jajanan yang sudah kami sebutkan diatas selalu digemari anak-anak. Usaha jajanan tersebut terbukti laris dari jaman saya sekolah SD sampai sekarang sudah lulus. Tetap eksis dari dulu hingga sekarang.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *