Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Bisnis Fotocopy: Bagus Sewa Mesin, Kredit atau Beli Baru?

2 min read

Bisnis Fotocopy Bagus Sewa Mesin, Kredit atau Beli Baru?

Saat ingin memulai bisnis fotocopy, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Salah satunya yaitu mengambil keputusan untuk pengadaaan mesin fotocopy; apakah harus membeli mesin fotocopy baru, kredit atau menyewa mesin saja.

Untuk Usaha Mending Sewa Mesin Fotocopy, Kredit atau Beli Baru?

Ada beberapa opsi yang bisa anda pilih untuk memulai usaha fotocopy. Silakan tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda.

1. Membeli Mesin Baru untuk Bisnis Fotocopy

Membeli mesin baru menjadi pilihan yang baik karena performa mesinnya bisa diandalkan. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai perawatan karena mesin fotocopy yang baru jarang mengalami kerusakan berat.

Selain itu, mesin fotocopy baru juga memiliki garansi service, sehingga anda tidak perlu khawatir jika mesin mengalami kendala di kemudian hari. Para teknisi akan memperbaiki mesin secara sukarela selama masa garansi.

Sayangnya, membeli mesin baru berarti anda harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Anda harus memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha ini.

Bila anda memiliki cukup modal, maka tidak ada salahnya membeli mesin fotocopy baru. Ini bisa menjadi investasi terbaik anda untuk mengawali usaha fotocopy.

Anda bisa meminta saran dan rekomendasi mengenai mesin yang paling sesuai untuk kebutuhan usaha anda. Tanyakan juga mengenai kualitas, spesifikasi, dan garansi yang akan didapatkan.

2. Membeli Mesin Fotocopy Bekas

Mesin fotocopy bekas tentu harganya relatif lebih murah dari mesin baru. Selisih harga ini bisa anda pertimbangkan jika anda hanya memiliki modal pas-pasan.

Akan tetapi, membeli mesin fotocopy bekas memiliki risiko yang tinggi. Jika tidak hati-hati, anda malah harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan jika mesin bermasalah.

Sebelum membeli mesin fotocopy bekas, anda harus melihat beberapa review mesin fotocopy yang sering digunakan untuk usaha. Bagaimana kualitas mesin tersebut, sering bermasalah atau tidak.

Selain itu, anda juga harus mencari tahu kredibilitas distributor atau penjual mesin bekas tersebut supaya tidak mengecewakan anda nantinya.

3. Sewa Mesin Fotocopy

Menyewa mesin berarti anda menggunakan mesin orang lain untuk menjalankan usaha.

Profit usaha fotocopy harus dibagi jadi dua, satu untuk anda dan satunya lagi untuk pemilik sewa mesin.

Akan tetapi, anda bisa mendapatkan keuntungan dari menyewa mesin. Salah satunya anda tidak perlu mengeluarkan modal besar di awal membuka usaha dan tidak perlu memikirkan biaya perawatan rutin karena ditanggung pemilik sewa.

Keuntungan menyewa mesin fotocopy

  • Hemat modal di awal membuka usaha
  • Semua kerusakan mesin termasuk toner, suku cadang atau spare part akan ditanggung oleh pemilik mesin fotocopy
  • Adanya teknisi yang siap membantu bila mesin mengalami kendala
  • Jaminan unit pengganti bila mesin yang digunakan rusak parah dan sulit diperbaiki

Kerugian Sewa Mesin Fotocopy

  • Keuntungan usaha harus dikurangi untuk membayar biaya sewa. Biaya sewa tergantung dari kualitas, jenis dan spesifikasi mesin fotocopy.
  • Makin besar kapasitas produksinya, biasanya akan semakin besar biayanya.
  • Mesin kecil – medium berkisar Rp 500 – 700 ribu per bulan. Biasanya memiliki kecepatan di atas 33 lembar setiap menitnya.
  • Mesin besar biasanya di rentang harga Rp 800 – 1200 per bulan. Umumnya memiliki kecepatan di atas 55 lembar per menit.
  • Membayar biaya over copy
  • Setiap penyewaan mesin biasanya akan diberikan gratis copy antara 2000 s.d 3000 lembar tergantung kebijakan pemilik mesin.
  • Jika anda menggunakan lebih dari angka tersebut, maka akan dikenai biaya tambahan untuk setiap kertas yang digunakan.
  • Harganya variatif, antara Rp 50 – 70 tergantung kebijakan pemilik mesin.

4. Kredit Mesin Fotocopy

Bila anda tidak memiliki modal dan tidak ingin menyewa mesin, anda bisa melakukan kredit untuk mesin fotocopy.

Ini merupakan opsi terakhir yang bisa anda pilih. Tentu ada kelebihan dan kekurangannya, anda tinggal mempertimbangkannya baik-baik.

Keuntungan kredit mesin fotocopy

  • Anda bisa mencicil mesin secara bertahap sehingga modal awal usaha tidak terlalu besar
  • Jika mesin mengalami kerusakan, ada garansi service sebagai jaminannya

Kerugian kredit mesin fotocopy

  • Syarat dan ketentuan kredit terkadang menyulitkan pengusaha fotocopy
  • Berat di awal usaha jika arus kas belum lancar, keuntungan usaha harus siap dibagi untuk bayar cicilan

Kami pribadi tidak merekomendasikan kredit mesin karena di awal usaha cukup memberatkan.

Kalau ingin tetap kredit, sebaiknya cari yang jelas akad jual belinya dan harganya masuk akal.

Kesimpulan

Setelah memahami beberapa poin di atas, kini anda sudah dapat menentukan pilihan mana yang terbaik untuk bisnis fotocopy anda.

  • Apabila anda memiliki modal yang banyak, membeli mesin baru bisa menjadi pilihan yang terbaik
  • Apabila anda belum memiliki modal yang cukup, anda bisa membeli mesin fotocopy bekas, menyewa mesin fotocopy atau kredit.
  • Jika ingin membeli mesin bekas, anda harus bersiap menghadapi risiko jika mesin mengalami kerusakan di kemudian hari. Sebelum membeli, cari referensi dan review mengenai kualitas penggunaan mesin terlebih dahulu.
  • Gunakan mesin yang umum digunakan untuk usaha fotocopy sehingga mudah mencari suku cadang atau teknisi jika sewaktu-waktu mesin mengalami masalah.
  • Dalam menentukan pilihan, selalu sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

Bagi yang tertarik untuk memulai usaha fotocopy, jangan takut gagal. Nyatanya, bisnis fotokopi ini masih menguntungkan dan tetap eksis dari dulu hingga sekarang.

Banyak orang yang bisa berhasil dan mampu bertahan dengan bisnis fotokopi yang dijalaninya. Bagaimana dengan anda? Tertarik untuk mencoba?

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *