Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

10 Contoh Promosi Jualan Produk Susu yang Menarik

3 min read

Berjualan produk susu nyatanya cukup menjanjikan. Kebutuhan masyarakat akan minuman sehat, nampaknya membuat susu menjadi lebih diminati masyarakat. Jika anda memiliki usaha susu, anda pasti akan setuju bahwa aktivitas promosi sangatlah penting demi kemajuan usaha.

Tanpa aktivitas promosi yang hebat, menjual produk susu nampaknya akan sulit bersaing. Pengiklan susu zaman sekarang harus berjuang lebih keras karena makin meningkatnya ‘veganisme’ alias orang-orang yang tidak makan/minum olahan hewani.

Meski begitu, pasar dari produk susu masih cukup besar. Masih banyak orang yang membutuhkan susu untuk menambah asupan gizi dan pola hidup sehat. Orang-orang yang tidak makan/minum olahan hewani nyatanya masih belum terlalu banyak. Kebanyakan orang masih biasa-biasa saja, tidak terlalu pilih-pilih makanan sehingga tidak perlu khawatir.

Yang paling penting sebenarnya kita mau mempromosikan produk susu tersebut ke siapa? Distribusinya seperti apa? Dan kampanye promosinya seperti apa? Itu yang harus benar-benar kita pikirkan.

Berbicara mengenai promosi, kita akan lebih dekat mengenal beberapa contoh promosi jualan produk susu. Dengan begitu, anda bisa belajar bagaimana iklan promosi susu bisa tersebar ke masyarakat luas.

Baca juga: Contoh Promosi Event Organizer yang Menarik beserta Gambarnya

Contoh Promosi Jualan Produk Susu

Kita akan mengawali contoh promosi produk susu dengan iklan berbentuk video yang kita ambil referensinya dari youtube. Setelah itu kita akan mengulas beberapa contoh iklan susu dengan gambarnya.

1. Botol Susu Menari, Bangun dengan Susu

Video iklan ini cukup menghibur. Di awali dengan seorang tukang susu yang sedang berjalan di jalanan Inggris sebelum matahari terbit, dia memimpin sederet botol susu yang sedang berbaris dan menari-nari. Setelah meluruskan gnome yang roboh dan sepeda jatuh, tukang susu berbalik dan berjalan pergi.

Kampanye iklan susu “Wake up to Milk” pada tahun 1992 ini menggambarkan tukang susu sebagai Sinterklaus perah, bekerja sebelum matahari terbit, dan selalu tahu apa yang harus dilakukan. Keren sih ini.

2. Milk Marketing Board – Accrington Stanley, Siapa Mereka?

Iklan susu ini dirilis oleh Milk Marketing Board pada 1980-an. Mungkin, ini adalah salah satu iklan yang paling sukai dan paling banyak dikutip di Inggris pada masanya.

Menampilkan penggemar muda Liverpool (Carl Rice) yang memberi tahu temannya bahwa menurut pahlawannya, Ian Rush, jika dia tidak minum susu dia hanya akan cukup baik untuk bermain untuk Accrington Stanley.

Setelah dia berbicara seperti itu, mereka bertengkar untuk beberapa hal. Karena kesuksesan iklan tersebut, pada tahun 2016 muncul lagi kampanye iklan yang dibuat ulang shot-for-shot oleh Black Cow Vodka (yang dibuat dengan susu) dan dibintangi oleh Rice dewasa.

Sayangnya, iklan terbaru dilarang tayang pada tahun 2017 karena dikhawatirkan akan mempromosikan minuman keras secara berlebihan.

3. Cravendale – Kucing dengan Jempol

Merek susu Cravendale memang dikenal karena iklannya yang anti-mainstream. Selalu unik dan menghibur

Salah satu yang paling lucu yaitu Cats with Thumbs. Iklan ini menampilkan narasi menyeramkan dari Tim Curry yang membayangkan masa depan saat kucing mampu menggunakan ibu jari yang berlawanan untuk melakukan berbagai hal.

Misalnya menjahit, membalik halaman buku, dan yang paling menyeramkan kucing-kucing bersatu untuk mencapai tujuan mereka, yakni mencuri susu anda.

Benar-benar kocak.

4. Unigate – There’s a Humphrey About

Serangkaian iklan bertabur bintang dari perusahaan Inggris Unigate menyarankan konsumen untuk ‘memesan pintas ekstra’ pada tahun 1970-an, karena ada sekelompok pencuri susu yang sulit ditangkap.

Perusahaan Inggris Unigate menggunakan bintang papan atas untuk promosi susu mereka pada tahun 1970-an. Di iklan itu, selebriti termasuk Muhammad Ali, Barbara Windsor, dan Benny Hill mencoba melindungi susu mereka agar tidak dicuri ‘Humphreys’ yang tidak pernah terlihat, yang terlihat hanya sedotan kertas merah dan putih yang merayap ke dalam bingkai.

Mungkin saja mereka hama, namun setidaknya keluarga Humphrey bebas dari plastik.

5. Bear Brand – Iklan Susu Naga

Pasti sering lihat iklannya di TV kan? Itu loh yang susu jadi naga terbang, terus masuk ke botol kaleng, disertai kata-kata yang menggelitik “Rasakan kemurniannya!”.

Iklannya susu jadi naga, gambar botolnya beruang, tapi susunya susu sapi. Kan aneh banget ya?

Tapi, mungkin karena keanehan itulah iklan ini berhasil. Bahkan dari dulu sampai sekarang, iklan ini masih suka muncul di TV. Entah Nestle sudah bakar uang berapa banyak untuk iklan naga yang aneh itu.

Sepertinya, iklan itu memang benar-benar berhasil meningkatkan penjualan mereka.

6. Iklan Susu Kambing

Sepertinya untuk contoh iklan susu berbentu video sudah cukup ya, sekarang kita akan memberi beberapa contoh promosi produk susu berupa gambar. Ini beberapa contoh iklan susu kambing yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

  • Iklan Susu Kambing Hi Goat

contoh promosi jualan produk susu kambing

contoh promosi jualan produk susu kambing hi goat

  • Iklan Susu Kambing Etawa
contoh promosi jualan produk susu kambing etawa
Sumber: Tokopedia Herbal Djaya
contoh promosi jualan produk susu kambing etawa
Sumber: Rumah Herbal Nabawi
contoh promosi jualan produk susu kambing etawa daymilk
Sumber: Tokopedia Gizidat Xtrasolution
Sumber: Tokopedia Gizidat Xtrasolution
contoh promosi jualan produk susu kambing super goat
Sumber: Tokopedia Moores

Disclaimer : Link yang kita cantumkan untuk sumber gambar saja, bukan untuk mempromosikan. Kita tidak bertanggung jawab apabila toko yang kita beri link tidak amanah dalam berjualan ataupun atas ketidak bermanfaatan produk yang tercantum di atas. Artikel ini untuk edukasi saja, belajar mengamati penjual susu mempromosikan produk susu mereka ke masyarakat. Mohon dipahami dengan baik.

Akhirnya kita berada di penghujung artikel. Beberapa contoh promosi jualan produk susu di atas mungkin bisa anda simak dengan baik, bagaimana tim pemasaran merancang dengan konsep yang benar-benar matang sehingga iklannya menjadi menarik.

Meski susu itu peminatnya ‘segmented’, namun dari usaha susu juga ada sampai yang jadi milyarder. Perusahaan raksasa seperti Nestle tahu betul market untuk produk susu masih menjanjikan. Buktinya, benyak perusahaan susu yang masih bertahan hingga sekarang meski sudah berumur puluhan tahun lamanya.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *