Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

10 Pengusaha yang Pernah Gagal Tapi Bangkit Raih Sukses

3 min read

Pengusaha yang pernah gagal pasti ada dimana-mana. Bisnis memang tidak semudah yang banyak orang kira. Pertama kali mencoba belum tentu berhasil, bahkan rugi besar.

Pastinya Anda telah mencobanya lagi hingga beberapa kali untuk menemukan bisnis yang tepat. Karena hal inilah Anda ingin mencari inspirasi dan pasti penasaran siapa pebisnis sukses yang pernah gaga lalu bangkit lagi.

Kalau Anda ingin tahu, Mayoritas pebisnis sukses ini adalah pebisnis level dunia dan semua orang mengenalnya. Selain itu, banyak juga pebisnis di indonesia memiliki pengalaman gagal sebagai bahan referensi.

Pengusaha Sukses yang Pernah Gagal

Anda tidak menyadari bahwa apa yang dilihat dari suatu kesuksesan memiliki jalan yang panjang. Pebisnis yang berhasil menduduki posisi puncak pernah jatuh bahkan gagal dengan kerugian sangat besar. Mereka melihat kegagalan sebagai suatu motivasi agar terus berusaha sampai titik terakhir yaitu sukses. Berikut ini contoh pebisnis sukses yang tidak luput dari kegagalan di awal usahanya.

1. Jack Ma

Pengusaha Sukses yang Pernah Gagal - Jack Ma

Anda pasti kenal dengan Alibaba. Perusahaan besar di bidang digital dan teknologi mengalami perkembangan pesat. Alibaba bermula dari marketplace sebagai tempat supplier dan konsumen bertransaksi secara aman. Bisnisnya berkembang ke bidang teknologi, internet, manufaktur, software, dan investasi. Pendirinya adalah jack ma. Kisah tentang kesuksesannya menjadi cerita menarik karena tidak semudah yang orang lain bayangkan.

Dia berulang kali mengalami kegagalan terutama ketika muda. Lahir di kota kecil, Jack Ma tidak memiliki banyak pilihan untuk sekolah karena keterbatasan fasilitas dan dana. Hal tersebut tidak menyurutkannya untuk berkembang. Dia melamar pekerjaan dan ditolak lalu kembali melakukan hal yang sama. Setelah berulang kali penolakan, dia memutuskan untuk mendirikan Alibaba yang kini menjadi perusahaan level dunia.

2. Steve Jobs

Pengusaha yang Pernah Gagal - steve jobs

Jika berbicara mengenai teknologi, nama Apple sudah menjadi jaminan mutu. Berdasarkan data terbaru, perusahaan Apple menduduki peringkat pertama dengan nilai capital paling besar bahkan di atas perusahaan minyak dan energy. Apple memproduksi banyak gadget dengan teknologi canggih. Keberhasilannya berasal dari CEO visioner bernama Steve Jobs.

Sebelum sukses dengan Apple, Steve Jobs hanya mahasiswa biasa. Dia melihat peluang bisnis di bidang teknologi ketika komputer mulai berkembang. Setelah Apple didirikan, produk pertamanya gagal di pasaran. Produk baru terus diperkenalkan dan berhasil hingga menjadi perusahaan besar. Namun, Steve Jobs dipecat dari perusahaannya. Dia tidak menyerah dan mendirikan perusahaan baru yang berhasil bersaing dengan Apple. Dia kembali direkrut dan memimpin Apple hingga akhir hayatnya di tahun 2011.

3. Ariana Huffington

Anda mencari info dan berita terbaru dari mancanegara. Nama Huffington Post past ada di daftar teratas. Grup media ini menjadi besar setelah berhasil mengembangkan bisnis yang mampu beradaptasi dengan sistem digital. Pendirinya adalah Arianna Huffington yang pernah gagal karena ditolak oleh banyak grup media. Pada akhirnya, dia memutuskan untuk membuat perusahaan sendiri hingga menjadi terkenal dan besar sampai sekarang.

4. Nadiem Makarim

Pengusaha Sukses yang Pernah Gagal - Nadiem Makarim

Era teknologi membuat banyak orang mampu mengakses internet dengan mudah. Semuanya tersedia di aplikasi smartphone termasuk transportasi dan kurir. Nama Gojek berkembang menjadi salah satu perusahaan startup terbaik dengan jumlah valuasi besar. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam layanan seperti makanan, transportasi, hiburan pembayaran digital, dan lainnya.

Kesuksesan tersebut tidak terlepas dari kegigihan sang pendiri yaitu Nadiem Makarim. Pada mulanya, Gojek hanya fokus ke transportasi ojek dengan bantuan telepon dan sms. Seiring dengan majunya internet. Gojek merilis aplikasi dan semakin berkembang dengan layanan baru. Perusahaan ini pernah mengalami masalah hingga tidak mempersoleh investor.

5. William Tanuwijaya

Pengusaha Sukses Pernah Gagal - William Tanuwijaya

Nama Tokopedia sudah tidak asing lagi. Sebagai marketplace terbesar, Tokopedia menyediakan banyak produk. Anda bisa mengaksesnya dengan smartphone dan membeli beragam produk. Marketplace ini hadir karena pendiri melihat banyak penipuan online. Orang dibalik perusahaan ini adalah William Tanuwijaya. Namanya jarang dikenal publik karena lebih sering bertugas di balik layar. Tentu saja, perkembangan perusahaan ini menjadi prioritas agar mampu bersaing dengan marketplace sejenis.

Ide bisnis ini sangat sederhana yaitu menjadi perantara antara pembeli dan penjual secara online. Di era awal internet, transaksi online sangat berisiko meskipun sudah ada sistem yang mengatur keamanan. Namun, William Tanuwijaya melihat kondisi tersebut sebagai suatu kelemahan karena tidak ada jaminan proteksi produk dan konsumen. Tidak mudah mencari investor agar bersedia menanamkan modal di perusahaan.

6. Anton Setiawan

Anton Setiawan owner Bebe Love via www.swa.co.id

Pendiri Bebe Love patut menjadi contoh. Dia sudah sering jatuh dan rugi di berbagai bisnis. Dengan gigih, Anton Setiawan melihat peluang di berbagai bidang termasuk perlengkapan bayi. Dengan modal yang tersisa, dia mendirikan perusahaan dengan target pasar bayi dan ibu. Hingga kini, omzet semakin meningkat terutama di periode tertentu.

7. Bill Gates

 

Pengusaha Sukses Dunia - Bill Gates

Nama Bill Gates seolah sudah menjadi jaminan mutu. Anda melihatnya sebagai pebisnis sukses bersama Microsoft. Sebelum seperti sekarang, Bill Gates pernah rugi jutaan dolar karena perusahaan rintisannya tidak mendapatkan klien. Pengalaman ini membuat Bill Gates sadar mengenai pentingnya software. Microsoft akhirnya berdiri dan menjadi perusahaan teknologi raksasa dunia.

Masih banyak pebisnis yang memiliki pengalaman gagal sebelum sukses. Masing-masing memiliki cerita tersendiri sebagai inspirasi dan motivasi.

Tips Berbisnis dan Cara Menghadapi Kegagalan

Kegagalan di bisnis sudah biasa karena tidak mungkin berhasil hanya sekali mencoba. Anda bahkan harus mencoba berulang kali dan masih belum berhasil. Beberapa tips bisnis berikut ini berguna untuk menghadapi kegagalan dalam bisnis.

Konsolidasi Sumber Daya dan Melihat Peluang

Gagal menyebabkan kerugian. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah konsolidasi sumber daya. Anda menghitung kerugian dan mengecek apa yang masih ada. Sumber daya tersebut meliputi uang, tabungan, modal, dan produk.

Setelah itu, Anda memulai lagi dengan melihat peluang sesuai dengan sumber daya yang tersedia termasuk kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman. Pebisnis yang sukses mengenal dirinya sendiri dan tidak melakukan sesuatu di luar kemampuannya.

Inovasi dan Marketing

Inovasi adalah penting untuk kemajuan bisnis. Anda gagal bukan karena tidak mampu menjalankan bisnis tetapi tren dan permintaan berubah drastis. Pengelola sudah baik tetapi lambat dalam merespon pasar. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda harus mengubah segalanya dengan cepat.

Hal ini memiliki risiko gagal tetapi lebih baik dari pada mati secara perlahan. Setelah siap, Anda memulai kembali dengan marketing dan promosi. Inovasi tidak hanya terkait produk tetapi juga jasa dan layanan.

Memilih Rekan yang Tepat

Pebisnis yang sukses pasti memiliki rekan atau partner yang tepat. Banyak kegagalan muncul karena faktor rekan kerja dan karyawan. Bisnis merugi sebab uang dibawa kabur atau produksi tidak sesuai dengan kualitas. Pengalaman membuat Anda mampu mengenal siapa orang yang memiliki kapasitas dan integritas.

Setiap era memiliki cara tersendiri untuk bangkit dari kegagalan. Anda harus sigap dan mampu beradaptasi dengan lingkungan. Bisnis selalu dinamis dan sukses datang ketika berhasil bertahan dengan cara yang tepat. Mungkin itu saja beberapa list pengusaha yang pernah gagal tapi bisa bangkit dan akhirnya sukses.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *