Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Cara Meningkatkan Followers Instagram

3 min read

Kalau kamu suka main Instagram, kamu pasti suka heran kenapa sih ada orang yang bisa punya followers sampai berjuta-juta?

Sedangkan kamu cuma punya ratusan followers saja, itu pun teman sekolah aja yang mau follow.

Kok bisa gitu sih? Tenang, tenang.

Biasanya yang punya berjuta-juta followers itu public figure dengan popularitas tinggi seperti Cristiano Ronaldo. Dia menjadi public figure dengan jumlah followers terbanyak di dunia yakni 219 juta followers. Gokil nggak tuh?

Tapi wajar aja si ya kan, secara dia itu pesepakbola paling sukses dan cemerlang saat ini. Menjadi idola banyak orang sudah otomatis melekat pada dirinya.

Di Indonesia sendiri, banyak juga public figure yang memiliki jutaan followers di Instagram. Sebut saja Raffi Nagita, Ayu Ting Ting, Gisella Anastasia, Raisa, dan Atta Halilintar.

Nah, apakah kamu bisa punya banyak followers seperti mereka? Tentu saja bisa, asal kamu mau mencoba.

Cara Meningkatkan Followers Instagram

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan followers Instagram. Tips ini nggak perlu pakai tools atau BOT penambah followers sama sekali ya, murni pakai cara organik. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Tentukan Topik yang Ingin Kamu Angkat

Menentukan topik untuk meningkatkan followers instagram

Kalau kamu ingin banyak followers, tentukan apa yang ingin kamu bagikan di Instagram. Sesuaikan dengan minat dan kesukaanmu, biar nantinya semangat terus untuk posting.

Topik yang bisa diangkat misalnya:

  • Humor
  • Motivasi & Bisnis
  • Daily vlog
  • Travel
  • Fashion

Alangkah lebih baik, pilih satu topik saja agar followers yang kamu inginkan lebih tertarget. Followers seperti itu biasanya lebih loyal, suka berkomentar dan benar-benar menyukai apa yang kamu posting.

2. Buat Konten Berkualitas

Membuat konten berkualitas untuk meningkatkan followers instagram

Sebagai media sosial yang berfokus pada visual, maka kamu harus memposting foto dan video yang benar-benar berkualitas.

Upload dengan resolusi tinggi, unik dan menarik agar orang-orang mau follow akun Instagram kamu.

Kamu juga bisa mengikuti sesuatu yang sedang viral / ramai dibicarakan. Misalnya saat ini lagi ada pandemi Covid-19, nah kamu bisa bikin konten seputar itu. Bisa posting panduan cuci tangan, pakai masker atau yang lainnya.

Buat sekreatif mungkin ya!

3. Gunakan Hastag (Tagar)

Menggunakan hastag untuk tingkatkan followers di Instagram

Sebuah riset yang dilakukan sprout social menunjukkan data menarik tentang penggunaan hastag di Instagram.

Post yang setidaknya memakai 1 hastag memiliki peluang untuk menjangkau 12,6% lebih banyak ketimbang post tanpa hastag.

Ini membuktikan bahwa penggunaan hastag yang tepat bisa membuat postingan mudah ditemukan, meningkatkan engagement, dan meningkatkan followers secara organik.

Akan tetapi, kamu harus hati-hati saat memakai hastag di Instagram. Saat ini algoritma Instagram sangat sensitif. Jika hastag digunakan secara berlebihan, bisa saja Instagram mengidentifikasinya sebagai spam. Lebih baik gunakan 1-20 hastag saja per postingan, jangan lebih dari itu.

Kamu juga harus memilih hastag yang relevan dengan postinganmu. Kalau kamu post handphone, maka gunakanlah hastag yang masih berkaitan seperti #gadget #smartphone. Jangan gunakan hastag #hair #table #craft karena itu nggak ada hubungannya sama sekali.

4. Posting di Jam Ramai

Post di jam ramai

Memposting di jam ramai (prime time) bisa menjadi salah satu strategi yang cukup bagus untuk meningkatkan followers.

Logikanya, saat banyak pengguna yang aktif di Instagram, mereka bisa melihat postingan terbarumu di beranda Instagram.

Kalau postinganmu menarik, bisa saja mereka melakukan like dan komentar saat itu juga.

5. Follow dan Unfollow

Follow dan unfollow untuk meningkatkan followers instagram

 

 

Jika followers masih seret, silakan lakukan follow ke akun lain yang masih satu topik dengan akunmu. 5 hari kemudian, silakan unfollow akun tersebut.

Dengan follow dan unfollow, kamu bisa mendapat follow back lebih cepat. Banyak orang yang sudah berhasil meningkatkan followers menggunakan cara seperti ini.

Lakukan cara ini secara berulang hingga mencapai target yang kamu inginkan.

Setelah target tercapai, berhentilah pakai cara ini karena bakal menguras waktu dan tenagamu. Sebaiknya, fokus saja di riset dan pengembangan konten.

6. Tambah Caption yang Menarik

Beri caption untuk meningkatkan followers instagram

Selain gambar / video, caption juga memegang peranan yang cukup penting untuk menarik perhatian. Kamu bisa berkreasi lewat tulisan dan mengajak interaksi kepada orang-orang.

Kamu bisa memberi pertanyaan, mengajak diskusi, bercerita dan memberi informasi.

Makin cerdas kamu membuat caption, makin besar pula peluang postinganmu dikomentari orang.

Yang perlu diperhatikan, caption yang kamu buat jangan sampai typo ya. Baca lagi dan cek ejaannya, sudah benar atau belum.

7. Tinggalkan Jejak di Berbagai Akun

Tinggalkan jejak untuk meningkatkan followers instagram

Kalau kamu ada dimana-mana, orang pasti banyak yang lihat kan?

Maka dari itu, kamu harus sering like dan komentar di postingan orang lain. Tinggalkan komentar yang berkesan dan antimainstream agar makin banyak orang yang penasaran dengan akun Instagrammu.

Kalau akun Instagrammu online shop, jangan promo di komentar. Itu termasuk spam, super mengganggu dan nyebelin.

8. Jangan Private Akun

Jangan private akun

Kalau akun diprivate, maka postinganmu hanya dilihat oleh segelintir orang saja. Belum lagi kamu harus memberi persetujuan agar mereka benar-benar menjadi followersmu.

Sebelum akun Instagrammu tembus 100.000 followers, sebaiknya jangan diprivate. Kalau sudah 100.000 followers, terserah mau kamu private atau enggak.

Membuat akun jadi private tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Ada baiknya kamu mempertimbangkan hal ini.

9. Saling Promote Akun

Saling promote akun Instagram

Saling promote bertujuan untuk mempromosikan akunmu dengan orang lain secara gratis. Kamu bisa mengajak orang lain untuk mempromosikan akunmu, lalu kamu mempromosikan akun miliknya.

Simbiosis mutualisme ini masih sering dilakukan hingga sekarang karena memang terbukti efektif.

Namun sebelum mengajak orang lain, pastikan dulu akunmu punya followers yang sepadan, minimal nggak beda jauh dengan followers miliknya. Kalau selisihnya cukup jauh, bisa saja kamu ditolak dan dicuekin.

10. Sabar dan Konsisten

Sabar dan konsisten

Kesabaran dan konsistensi adalah kunci bermain Instagram. Kamu harus posting konten berkualitas setiap harinya tanpa putus.

Amati akun lain dengan topik sejenis dan bandingkan dengan akun milikmu. Evaluasi konten yang diposting, apakah sudah bisa menarik orang lain untuk follow atau belum.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan followers Instagram secara organik tanpa harus beli ke orang lain. Dengan melakukan beberapa poin di atas secara konsisten, harapannya akun Instagrammu bisa berkembang lebih cepat.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *