Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Cara Membuka Jasa Paid Promote Instagram, Untung Melimpah!

5 min read

CARA PAID PROMOTE INSTAGRAM MURAH

Anda sedang cari peluang bisnis di Instagram? Salah satu peluang bisnis yang saya rekomendasikan yaitu membuka jasa paid promote di Instagram.

Peluang bisnis ini punya potensi yang cukup besar mengingat di Indonesia jumlah pengguna media sosial seperti Instagram sudah menyebar ke berbagai lapisan masyarakat.

Berdasarkan data yang diambil dari We Are Social Hootsuit yang rilis pada Januari 2019, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 150 juta (56% dari populasi) sedangkan pengguna media sosial gadget sebesar 130 juta (48% dari populasi).

Ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp dan yang lainnya.

CARA MEMBUKA JASA PAID PROMOTE INSTAGRAM - Jumlah Pengguna Sosial Media Indonesia

Namun, pertumbuhan ini juga memicu polemik bagi anak muda zaman sekarang karena hari-harinya selalu dihiasi media sosial.

Bahkan tidak sedikit yang akhirnya kecanduan dan membuang banyak waktu untuk hal-hal tidak penting.

INDONESIA PENGGUNA SOSIAL MEDIAL PALING SERING KE 4

Gambar di atas menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara peringkat ke-4 yang ‘paling banyak menghabiskan waktu di media sosial’.

Miris? Iya.

Namun, sebagai anak muda, kita harus melihat ini sebagai peluang.

Kalau ingin berkarya, silakan berkarya di media sosial. Curahkan semua ide dan imajinasi Anda. Buatlah konten-konten yang positif dan bermanfaat bagi banyak orang.

Selain untuk berkarya, Anda juga bisa mencoba menghasilkan uang dari media sosial.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, ada peluang bisnis di media sosial yang layak Anda coba yaitu jasa paid promote Instagram.

Mengenal Jasa Paid Promote

Bagi yang belum tahu, jasa paid promote adalah sebuah jasa untuk mempromosikan produk atau jasa melalui akun Instagram yang memiliki followers tinggi sehingga bisa menjangkau banyak orang.

Jasa ini diperuntukkan untuk online shop yang ingin mempromosikan produk sekaligus meningkatkan jumlah followers Instagram miliknya.

Untuk membuka jasa paid promote ini, kita diharuskan memiliki akun Instagram berfollowers yang real manusia.

Kalau akun Instagram berfollowers didapat karena BOT, maka saya yakin hasilnya tidak memuaskan karena followersnya pasif dan tidak ada interaksi.

Perlu Anda tahu, akun Instagram publik yang memiliki 500.000 followers ke atas biasanya mematok harga Rp 350.000 sampai jutaan rupiah.

Kalau dalam sehari ada 2 iklan promosi dengan harga Rp 350.000, maka mereka sudah bisa mendapat Rp 700.000 tiap harinya.

Kalau rutin selama 30 hari, penghasilan mereka ditaksir 20 jutaan.

Belum lagi kalau mereka punya akun publik lebih dari satu, penghasilannya bisa lebih banyak lagi.

Harga jasa paid promote ini tentu tergantung dari target market, interaksi, impresi dan pemilik akun itu sendiri.

Permasalahannya, bagaimana sih cara kita membangun akun Instagram berfollowers dan mengembangkannya menjadi sebuah bisnis?

Di sini, Anda akan melihat gambaran singkat mengenai peluang bisnis di Instagram yang satu ini.

Yuk, langsung saja kita ulas bersama-sama step by step-nya.

Cara Membuka Jasa Paid Promote Instagram

1. Bangun Instagram Berfollowers

Membuka Jasa Paid Promote dengan Akun IG Berfollowers

Kunci dari jasa paid promote memang terletak pada akun Instagram itu sendiri. Makin banyak followersnya, makin banyak pula jangkauan yang bisa diperoleh.

Ini juga berimbas pada penghasilan yang akan Anda peroleh nantinya. Secara garis besar, begini caranya membangun Instagram berfollowers:

  • Ganti Jadi Akun Instagram Bisnis

CARA MEMBUKA JASA PAID PROMOTE INSTAGRAM

Untuk memaksimalkan akun Instagram Anda, coba ganti akunnya menjadi akun bisnis.

Dengan ini, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari melihat laporan atau insight, menambahkan alamat, kontak dan lainnya.

  • Tentukan Niche

Niche yang akan Anda bidik harus jelas. Jangan campur-campur.

Ada banyak niche yang bisa digarap mulai dari kuliner, gaming, humor, berita, teknologi, bisnis dan masih banyak lagi.

Sebaiknya, niche yang akan Anda kembangkan sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda.

Dengan begitu, mencari dan membuat konten akan terasa lebih menyenangkan.

  • Upload Konten Setiap Hari

Kalau Anda ingin mendapat followers secara organik, maka Anda harus upload konten tiap hari.

Bukan sekadar konten, tapi konten bermanfaat bagi calon followers yang Anda inginkan.

Misalnya niche yang Anda bidik adalah kuliner, maka Anda harus upload konten kuliner entah itu video masak atau resep masakan.

  • Pakai Bantuan Tools Virol

CARA MEMBUKA JASA PAID PROMOTE INSTAGRAM - Gunakan Tools VirolUntuk mempermudah pencarian konten dan pengembangan akun Instagram, akan lebih cepat jika menggunakan tools.

Salah satu tools yang saya rekomendasikan untuk membangun Instagram dari 0 adalah Virol. Tools ini sangat berguna untuk riset konten, riset hastag dan melakukan repost video tanpa ribet.

Kita bisa mengetahui konten mana yang memiliki interaksi tinggi dan berpotensi viral. Kalau ada beberapa konten yang viral, biasanya akan ada peningkatan followers seiring berjalannya waktu.

Tools ini bukan penambah followers BOT, melainkan penambahan followersnya didapat secara organik. Tidak ada auto follow, auto komentar atau auto likes. Tools ini fokus digunakan untuk riset konten dan hastag yang berpotensi viral.

2. Promosikan Akun

Setelah Anda mempunyai banyak followers sekurang-kurangnya 50.000, coba mulai promosikan akun Anda ke berbagai online shop di Instagram.

Silakan hubungi admin atau DM lalu tawarkan jasa paid promote Instagram. Sertakan juga laporan insight dari akun Instagram Anda beserta harga yang diinginkan.

Untuk awal-awal, jangan patok harga yang terlalu mahal. Di 50.000 followers, Anda bisa mematok harga Rp 25.000 – Rp 50.000 untuk satu kali posting.

Selain menguhubunginya secara langsung, Anda juga bisa mempromosikan di website buzzer dan freelancer seperti SociaBuzz, BuzzHero, Fastwork.id dan yang lainnya.

Lampirkan akun Instagram Anda di sana lalu beri keterangan yang menarik agar banyak orang penasaran. Jangan lupa juga untuk memberi kontak yang bisa dihubungi.

3. Rawat Akun Instagram

Cara Membuka Jasa Paid Promote - Merawat Akun Publik

Kalau beberapa step sudah dilalui, sekarang tugasnya adalah merawat akun agar interaksinya semakin bagus.

Anda harus upload konten setiap hari dan jangan sampai terkena shadow banned.

Kalau akun terkena shadow banned, maka jumlah interaksi postingan Anda akan menurun dan ini sangat merugikan.

Anda harus bersabar menunggu hingga interaksi normal kembali, tentunya terus diimbangi dengan upload konten tiap hari.

Butuh konsistensi memang, tapi kan tidak terlalu membuang waktu juga. Kita hanya perlu mencari konten lalu upload.

Apalagi kalau pakai tools, pasti jadi lebih mudah dan praktis.

4. Berikan Layanan Maksimal

Akun Instagram publik yang menawarkan jasa paid promote seharusnya memberi layanan yang maksimal kepada client.

Misalnya dengan menuruti keinginan client mau diupload jam berapa, fast respon, mention akun Instagram mereka dan pelayanan yang ramah.

Dengan cara ini, kita bisa mendapat repeat order jasa paid promote untuk masa yang akan datang.

Apalagi kalau client mendapat benefit berupa profit atau kenaikan followers yang signifikan setelah melakukan paid promote. Biasanya mereka akan paid promote lagi.

5. Tawarkan Promo Khusus

Kalau lagi jarang yang order jasa, coba tawarkan lagi dengan harga promo. Anda juga bisa mencantumkan harga partnership bulanan beserta benefit yang akan mereka peroleh nantinya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan secara rutin.

6. Lakukan Filter Terhadap Online Shop

Anda harus pilih-pilih dalam mempromosikan barang dagangan orang. Cek terlebih dahulu akun Instagram dan produk yang mereka tawarkan. Indikatornya bisa seperti ini:

  • Akun Instagram Terlihat Professional atau Tidak

Kalau followersnya masih dibawah 1000, foto produk jelek dan sedikit, tidak ada kontak, bio tidak menarik, tidak ada sorotan/highlight, maka sebaiknya ditolak.

Akun olshop seperti ini biasanya kurang meyakinkan dan mungkin saja digunakan untuk penipuan.

  • Produk yang Mereka Tawarkan Seperti Apa

Hati-hati kalau mempromosikan barang kesehatan atau kecantikan, periksa apakah sudah terdaftar BPOM atau tidak.

Untuk makanan, silakan tanyakan ke mereka apakah HALAL atau NON-HALAL agar tidak terjadi salah persepsi nantinya.

Intinya, Anda harus selektif dalam mempromosikan barang. Jangan semua disikat, karena itu bisa merugikan orang-orang yang telah tertarik dengan penawaran di akun publik Anda.

Kalau produknya mengecewakan dan bahkan mereka merasa telah ditipu, maka itu sangat menyedihkan.

Tentu kita tidak bisa menghindari penipuan yang dilakukan pihak ketiga, namun setidaknya kita bisa meminimalisir agar hal tersebut tidak terjadi.

Dengan selektif memilih akun dan produk, kita bisa meminimalisir angka penipuan online.

Selain itu, kalau Anda beragama Islam, hindari iklan foto paid promote yang mengumbar aurat. Karena itu bisa mengundang syahwat orang lain dan membuat dosa diri sendiri.

Sebenarnya, membuka jasa paid promote Instagram gampang-gampang susah. Butuh konsistensi agar bisa upload konten tiap hari dan meningkatkan followers secara organik.

Kalau Anda baru saja memulai, fokuskan terlebih dahulu membangun akun publik jangan ke uang. Kalau trafik atau interaksi sudah tinggi, Anda bisa coba tawarkan jasa paid promote ke berbagai online shop di Instagram.

Followers organik minimal yang harus Anda dapatkan menurut saya 30.00050.000 followers, setelah itu baru buka jasa. Kalau kurang dari itu saya rasa hasilnya kurang maksimal.

Namun yang paling penting adalah menjaga interaksi dan jangkauan akun publik Anda. Pantau terus perkembangannya melalui laporan insight.

Intinya….

Peluang bisnis ini tentu layak Anda coba karena potensinya masih cukup bagus. Mulai melangkah dari 0, lakukan secara bertahap dan konsisten hingga akhirnya mendapatkan hasil yang diinginkan.

Daripada kita sibuk main sosmed tanpa ada faedahnya, mungkin lebih baik mencoba peluang bisnis di Instagram yang satu ini.

Oh iya, kalau Anda sudah punya online shop di Instagram, Anda juga harus coba promosi dengan paid promote. Karena selain untuk promosi, strategi ini juga bisa meningkatkan followers akun online shop Anda.

Kalau Anda tertarik, silakan lakukan tips paid promote Instagram untuk online shop yang sudah saya ulas sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

2 Replies to “Cara Membuka Jasa Paid Promote Instagram, Untung Melimpah!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *