Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Cara Komplain ke J&T untuk Atasi Masalah Barang

2 min read

Cara Komplain ke J&T Express

Seiring dengan banyaknya market yang bermunculan di Indonesia banyak pula perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman. Hal ini juga dapat menjadi ladang usaha yang menjanjikan bagi perusahaan ekspedisi.

Anda tentu pernah merasa kecewa dengan ekspedisi yang Anda pilih karena terlambat dalam mengantar barang atau kondisi barang yang Anda terima telah rusak. Anda dapat menyimak ulasan artikel berikut mengenai cara komplain ke JNT.

Cara Komplain ke J&T Express

Sebagai seorang customer Anda berhak mengajukan komplain atas ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ekspedisi. Berikut merupakan cara komplain ke pihak J&T :

Hubungi Customer Service JNT

Setiap perusahaan akan menyediakan layanan customer service guna menanggapi keluhan dari customer. Anda dapat menghubungi call center resmi JNT melalui sambungan telepon di (021) 80661888.

Untuk dapat menggunakan layanan ini pastikan terlebih dahulu pulsa Anda mencukupi untuk sehingga keluhan Anda tidak terputus ditengah jalan. Pihak customer service akan menanyakan resi dari paket yang Anda kirim, oleh sebab itu siap sebelum melakukan panggilan telepon.

Mengajukan Komplain ke JNT Via Email

cara komplain ke JNT yang kedua yaitu Anda juga dapat menyampaikan keluhan Anda melalui via email yang telah disediakan. Jnt.callcenter@jet.co.id adalah alamat email resmi JNT yang bisa Anda hubungi. Pengaduan via email menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan banyak pulsa. Caranya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu mengetik semua pengaduan Anda dan mengirimnya.

Bagi Anda yang menggunakan pengaduan via email harus sedikit bersabar karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk ditanggapi. Hal ini dikarena email Anda tidak dibalas secara langsung.

Menghubungi Media Sosial Resmi JNT

Anda juga dapat memanfaat media sosial yang Anda miliki untuk mengajukan komplain karena JNT mempunyai beberapa akun media sosial resmi. Cara ini cukup ampun dan layak Anda coba karena komplain Anda akan direspon dengan cepat. Di bawah ini adalah beberapa sosial media JNT yang dapat Anda hubungi;

  • Instagram @jntexpressid
  • Twitter @jntexpressid
  • WeChat @jntexpressID
  • Facebook: J&T Express Indonesia (http://facebook.com/JT-Express-Indonesia)
  • Line @jntexpressid
  • Youtube: J&T Express Indonesia

Bagi Anda yang ingin direspon dengan cepat maka Anda dapat mencoba menghubungi salah satu media sosial resmi yang dimiliki JNT. Dengan demikian, Anda membuang banyak waktu untuk menunggu balas serta caranya pun juga sangat mudah dan praktis.

Datang Langsung ke Kantor JNT

Cara komplain ke JNT yang terakhir yaitu datang ke kantor. Jika lokasi tempat tinggal Anda cukup dekat dengan kantor JNT maka Anda dapat melakukan komplain secara langsung ke kantor. Syarat yang harus Anda persiapan menggunakan pengaduan langsung yaitu KTP Anda bukti resi pengiriman barang.

Selain KTP dan bukti resi, Anda akan ditanyai tentang nama lengkap dari penerima paket Anda, nomor kontak pihak pengirim dan penerima paket, serta alamat dari pengirim dan penerima paket. Agar komplain Anda berjalan lancar dapat dapat segera diperiksa oleh customer service maka Anda harus mempersiapkan semua terlebih dahulu.

Sebab Pengajuan Komplain

Komplain disebabkan karena beberapa hal seperti berikut:

  • Tidak Update

Keterlambatan pihak ekspedisi dalam memperbaharui status paket merupakan masalah yang sering dijumpai. Hal ini menyebabkan kesalahpahaman karena ketika dilakukan pengecekan hasilnya tidak sesuai.

  • Salah Alamat

Kesalahan alamat dapat menyebabkan paket menjadi tertunda diterima oleh pemiliknya. Hal ini bisa disebabkan oleh pengirim yang salah dalam menuliskan alamat tujuan sehingga paket salah sasaran.

  • Alamat Tidak Lengkap

Penulisan alamat yang tidak lengkap akan menyulitkan kuring dalam mengirim barang. Agar barang tersebut tidak hilang maka kurir mengembalikannya ke kantor agen terdekat.

  • Diterima Orang Tidak Dikenal

Alasan lain barang belum juga sampai ke penerima adalah karena barang diterima oleh orang lain atau orang yang tidak dikenal. Hal ini biasa terjadi jika Anda tinggal di kost atau tinggal dengan banyak orang. Sehingga, ketika Anda mengecek status barang maka akan menunjukan barang sudah diterima namun Anda belum menerimanya.

Itulah beberapa cara komplain ke JNT serta penyebab costumer melakukan komplain. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jika anda punya masalah serupa dengan pihak ekspedisi lain seperti SiCepat, coba ajukan komplain ke SiCepat agar masalah bisa teratasi.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

4 Replies to “Cara Komplain ke J&T untuk Atasi Masalah Barang”

  1. iya saya jg mau menanyakan. sya tidak menerima paket ini dgn resi jp3140585418
    demi tuhan saya tdk menerima paket ini.
    knpa tertulis disitu penerima nama saya ya .
    parah bgt bohongnya. jd itu paket kmna ?? bagaiman tanggung jawab pihak Jnt . mohon di tolong ya slesaikan msalah ini.

    1. Halo kak, mohon maaf ni. Kita disini cuma memberikan cara komplain ke pihak JNT nya ya, kita tidak ada hubungan kerjasama dengan pihak JNT. Jadi untuk segala permasalahannya bisa langsung hubungi call center JNT atau lakukan cara yang sudah kita bahas di artikel ini. Terima kasih, semoga membantu.

    2. Coba kakak datang langsung ke kantor agen JNT terdekat kak, kasih nomor resi ke petugasnya. Biasanya akan ditindaklanjuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *