Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Kisah Sukses Bisnis di Instagram yang Inspiratif

3 min read

Kisah Sukses Bisnis di Instagram
Atina Maulia, founder Vanila Hijab. Sumber: dok. Instagram @ceritavanilla

Di era digital sekarang ini, tentu hampir semua orang mempunyai sosial media. Umumnya, sosial media digunakan sebagai galeri online pribadi atau untuk mendokumentasikan momen-momen penting bersama orang-orang tercinta. Selain itu, sosial media juga dapat gunakan untuk menyampaikan berita atau bahkan berjualan.

Kisah Sukses Jualan di Instagram yang Inspiratif

Berikut adalah beberapa kisah sukses jualan di instagram yang wajib untuk Anda simak!

Kisah Sukses Almeyda Nayara

Almeyda merupakan bocah yang masih duduk di bangku kelas 4 SD namun sudah mampu menghasilkan uang puluhan juta rupiah tiap bulannya. Uang tersebut ia hasilkan dari berjualan slime. Belakang memang marak sekali tutorial yang mengajarkan cara membuat main anak-anak yang seperti adonan namun elastis seperti karet ini. Di Usianya yang masih tergolong anak-anak Almeyda sudah mampu menghasilkan 60 juta perbulan dengan menjual slime secara online.

Generasi modern memang tidak asing dengan sosial media bahkan hampir semua memilikinya. Keberadaan sosial media tersebut dapat menjadi mesin pencetak uang jika digunakan dengan tepat. Media sosial yang kini sedang banyak digunakan oleh masyarakat modern adalah instagram. Instagram mempunyai tampilan yang menarik karena memuat foto-foto yang Anda posting.

Kesuksesan berjualan slime yang dilakukan oleh Almeyda ini juga dimulai dari instagram. Awal mulai memiliki instagram, Almeyda hanya mempunyai 12 follower saja namun sekarang follower-nya terus bertambah hingga mencapai 500 ribu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk memulai suatu usaha Anda harus sabar dan telaten.

Untuk meningkatkan jumlah follower maka tentu Almeyda harus sering mengunggah hasil slime buatannya semenarik mungkin. Konten yang menarik tentu akan membuat orang penasaran dan mau mengikutinya. Dengan banyaknya pengikut hal ini akan sangat menguntungkan karena ia dapat mempromosikan slime buatnya kebanyak orang.

Meskipun sudah sukses dan mempunyai penghasilan sendiri namun gadis kecil ini tidak ingin menghambur-hamburkan uangnya untuk hal yang tidak bermanfaat. Almeyda memilih untuk menyumbangkan uang yang didapatkan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti yang telah diajarkan oleh ibunya. Kesuksesan tampaknya tidak membuat Almeyda menjadi tinggi hati, ia meminta izin mamanya untuk menyumbangkan sebagian rezeki yang ia punya untuk TPA belakang rumahnya. Hal ini dikarenakan ia melihat kondisi juz amma dan iqro teman-temannya mengaji di TPA sudah lusuh semua.

Jiwa berwirausaha yang sudah muncul sejak dini sangat baik sekali sehingga ketika sudah dewasa bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Dari kisah sukses jualan di instagram Almeyda ini hal positif yang bisa dia ambil yaitu mengatasi kegagalan. Almeyda mengaku sempat sedih karena kritikan dan komplain dari konsumen, namun nasehat dari mama tercinta mampu membuatnya tidak bersedih lagi dan mempunyai mental yang lebih kuat lagi.

Jihan Malik Menjual 30 Ribu Hijab Di Instagram Hanya Dalam 5 Menit

Kisah sukses jualan di instagram yang tidak kalah mencengangkan datang dari Jihan Malik yaitu pemilik brand Heaven Light. Bisnis hijab beberapa tahun belakang mengalami persaingan yang sangat pesat dan ketat, oleh sebab itu para pelaku bisnis hijab harus lebih kreatif dan gencar melakukan promosi. Hijab memang menjadi bisnis yang sangat menjanjikan karena mayoritas penduduk Indonesia adalah islam.

Dilansir dari wawancara yang dilakukan oleh wolipop, Jihan Malik pebisnis hijab telah menjual hijab sebanyak 30 ribu hanya dalam waktu 5 menit ini memberikan beberapa untuk mereka yang tertarik berjualan online. Pesan-pesan tersebut dapat Anda simak sebagai berikut:

Kualitas Bahan

Wanita cantik ini menuturkan rahasia kesuksesan bisnis hijabnya yaitu terletak pada kualitas bahan yang ia gunakan. Agar hijab tersebut disukai para konsumen maka ia menggunakan bahan yang nyaman dipakai.

Menciptakan Tren Sendiri

Perkembangan tren hijab memang sangat cepat namun demikian Jihan menuturkan agar tidak terpaku dengan tren yang sedang digemari. Ia justru tetap fokus dengan hijab yang nyaman dipakai namun tetap terlihat menarik sehingga akan menjadi tren tersendiri.

Ciri Khas

Untuk menarik hati para konsumen maka hal yang dilakukan oleh Jihan adalah memberikan ciri khas hijab yang ia jual. Ciri khas yang menjadi nilai jual hijabnya adalah produk-produk dengan desain sederhana serta polos.

Jujur Dengan Penjelasan Produk

Kunci dalam berjualan online adalah memberikan deskripsi jujur terhadap produk yang Anda jual. Hal ini dikarenakan calon pembeli tidak dapat melihat produk Anda secara langsung dan hanya melalui foto yang Anda unggah. Penjelasan yang jujur akan membuat calon pembeli paham dan tidak merasa kecewa setelah menerima barang tersebut. Itulah kisah sukses jualan di Instagram dari pebisnis hijab ternama.

Kisah Sukses Dari Pelaku UKM

Instagram juga menjadi media yang sangat membantu bagi para pelaku UKM atau yang juga dikenal dengan usaha kecil dan menengah. Kisah sukses yang terakhir ini datang dari UKM Dulcet Patisserie dan Chic & Darling. UKM ini dijalankan oleh kakak beradik yaitu Karina Mecca dan Keisha Deisra. Mereka menjual kue yang lebih mengedepankan kelezatan dan tampilan yang artistik. UKM mereka dikenal sebagai pengusaha kue lokal pertama yang berbasis digital di Jakarta.

Kedua kakak beradik tersebut sangat memahami bahwa kini masyarakat terbiasa membagikan atau mengabadikan segala sesuatu di media sosial mereka. Hal inilah yang menjadi dasar mereka membuat kue dengan bentuk yang menarik sehingga akan tampak cantik menghiasi halaman sosial media pengunggahnya.

Karina membaikan kunci kesuksesan Dulcet Patisserie yaitu dengan gencar melakukan promosi menggunakan instagram. Alasan mereka memilih instagram untuk ajang promosi yaitu karena dapat menjangkau semua lapisan selain itu mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan para konsumen.

Pengikut instagram mereka juga mengalami peningkatan yang cukup drastis dalam kurun waktu enam bulan. Pengelolaan media sosial yang baik dapat mengundang orang untuk mulai mengikutinya. Selain itu, Karina juga menjelaskan bahwa instagram merupakan platform termudah dalam memulai usaha mulai dari menjalankan bisnis, menemukan tujuan serta dapat melakukan interaksi dengan target pelanggan.

Selain itu, hal lain yang disampaikan oleh pemilik Dulcet Patisserie yaitu cara mengelola konten instagram. Agar tampilan instagram lebih menarik secara visual maka Anda tidak boleh mengunggah konten secara asal. Anda harus memikirkan konsep sehingga tampak lebih menarik dan profesional. Dalam mengunggah konten juga harus dilakukan secara teratur dan foto pun harus lah asli. Foto akan tampak menarik dengan keahlian fotografi dan caption yang mendukung latar belakang produk tersebut.

Demikian beberapa ulasan mengenai kisah sukses jualan di instagram yang bisa kami sampaikan. Semoga ketiga kisah tersebut dapat menginspirasi Anda sehingga lebih bersemangat dalam memulai atau mengembangan usaha online Anda. Mereka yang menekuni usaha online memulainya dengan jumlah follower yang masih sedikit hingga bertambah menjadi ratusan ribu follower. Hal ini tentu saja memerlukan kesabaran, kegigihan dan ketelatenan hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *