Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Frozen Food

1 min read

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FROZEN FOOD

Makanan yang dibekukan akan menjadi lebih tahan lama dan dapat disimpan dalam jangka waktu lebih panjang. Setelah membeli makanan tersebut, kita tinggal memasaknya terlebih dahulu agar bisa dikonsumsi. Karena sifatnya yang praktis inilah, banyak orang yang memulai usaha frozen food.

Bila anda ingin memulai bisnis frozen food, anda harus mempetimbangkan beberapa hal. Salah satunya yaitu mempelajari kelemahan dan kelebihan bisnis frozen food ini supaya nantinya anda lebih paham mengenai bisnis makanan ini.

Kelemahan dan Kelebihan Bisnis Frozen Food

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FROZEN FOOD

Kelebihan Usaha Frozen Food

Bisnis frozen food memang memiliki keunikan tersendiri. Ada berbagai kelebihan jika kita menjalankan bisnis frozen food, salah satunya ada di bawah ini.

1. Mudah untuk Memulai

Untuk memulai usaha frozen food kita tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus dan modal yang minim. Kita hanya perlu mempelajari cara membuat makanan yang enak dan dapat bertahan lama, mencarinya di internet juga bisa.

Kita juga bisa memulainya dengan menjadi reseller atau distributor frozen food milik orang lain terlebih dahulu. Kita bisa menjualnya ke teman-tema terdekat, keluarga, rekan kerja, dan orang-orang di sekitar.

Jika ingin lebih luas lagi, kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi. Beriklan di Instagram, Facebook, website, atau bahkan marketplace.

2. Modal Kecil

Modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis frozen food sebenarnya tidak terlalu besar. Alat yang paling penting dalam bisnis ini yaitu lemari pendingin untuk menyimpan makanan yang telah diolah.

Membeli lemari pendingin juga tidak terlalu mahal, apalagi jika kita membeli lemari pendingin yang bekas, pasti lebih murah lagi.

Selain lemari pendingin, kita mungkin hanya modal di bahan baku dan alat pengolah makanan seperti mixer, blender, dan lain-lain.

Kalau bisnis frozen food anda produknya dari orang lain, maka anda tinggal menyimpannya saja di mesin pendingin lalu mulai berjualan.

3. Frozen Food Sangat Praktis

Selain menjanjikan, bisnis frozen food juga sangat praktis. Kita bisa mengolah produk terlebih dahulu lalu didinginkan hingga siap jual. Produk frozen food umumnya juga simple dan mudah diolah.

Konsumen yang membeli frozen food biasanya akan menyimpannya ke freezer atau lemari pendingin untuk dimakan suatu saat nanti jika dibutuhkan.

Keuntungan dari menyimpan frozen food tentu saja kita bisa memiliki cadangan makanan sehingga nanti bisa mengonsumsinya kapan saja. Jika produknya berkualitas, frozen food yang telah dimasak rasanya tetap enak meski disimpan selama beberapa bulan.

Kelemahan Bisnis Frozen Food

Dengan adanya kelemahan bisnis frozen food ini, tentunya bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin memulainya, dan selain itu anda juga bisa menetukan langkah yang tepat apabila memutuskan untuk menggeluti bisnis ini.

1. Banyak Saingan

Karena sifatnya yang mudah dilakukan, maka banyak orang yang sama-sama menggeluti usaha ini. Mulai dari produk yang murah sampai mahal, mulai dari home industri sampai perusahaan besar, semua pihak bisa menjual produk frozen food mereka ke pasaran.

Ini harus anda pertimbangkan dengan baik. Pikirkan untuk membuat diferensiasi dan produk yang lebih berkualitas sehingga memiliki nilai lebih di mata konsumen.

Baca juga: Tips Bisnis Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan untuk Pemula

Mungkin itu saja beberapa kelebihan dan kelemahan bisnis frozen food yang bisa kami sampaikan. Dengan adanya artikel ini semoga anda bisa meningkatkan wawasan mengenai usaha makanan yang satu ini. Usaha frozen food memang terlihat mudah dan menguntungkan, namun tentu memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *