Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Cara Jualan di Instagram

7 min read

Sudah bukan rahasia lagi bahwa belanja online menjadi sarana menyenangkan untuk masyarakat milenial karena mudah dijangkau. Salah satu media sosial yang cocok digunakan sebagai ladang jualan  online yaitu instagram. Dengan jumlah pengguna aktif hingga miliaran, Anda bisa memperluas target bisnis dengan mudah. Nah, berikut telah kami rangkumkan cara jualan di instagram dan menguntungkan yang mudah untuk pemula.

Cara Jualan di Instagram untuk Pemula

Membuat Akun Bisnis

Langkah dasar yang perlu dilakukan untuk berjualan di instagram yaitu membuat akun bisnis. Saat berjualan, pastikan Anda membedakan akun bisnis dan akun pribadi meskipun akun pribadi sudah memiliki banyak followers. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan profesional dari akun jualan tersebut.

Saat membuat akun bisnis, sebaiknya gunakan fitur akun profesional sehingga nantinya bisa melakukan promosi melalui instagram ads dan dapat menampilkan profil bisnis. Bahkan, akun bisnis juga memiliki fitur insight yang berisi tingkat reach, impression dan engagement. Semua fitur ini dapat digunakan untuk mengukur strategi jualan maupun performa bisnisnya.

Data engagement bisa Anda gunakan untuk mengetahui konten paling memancing audience serta banyaknya like maupun komentar pada konten tersebut. Nah, konten seperti inilah yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Sedangkan data impression berisikan informasi banyaknya konten yang dilihat oleh audience.

Sementara itu, data reach berisikan ulasan tentang seberapa banyak jumlah audience yang terpengaruh oleh konten pada akun bisnis. Cara mendapatkan akun profesional di instagram sangatlah mudah yaitu masuk ke menu Pengaturan Akun dan pilih opsi “Beralin ke Akun Profesional”. Untuk membuat akun bisnis ini pengguna membutuhkan akun facebook dan fanpage. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat akun facebook dan fanpage terlebih dahulu.

Setelah berhasil membuat akun bisnis, buatlah nama akun yang berkaitan dengan produk jualan. Agar lebih mudah ditemukan pada menu pencarian, sebaiknya gunakan nama akun yang unik, mudah diingat dan mengandung kata kunci. Kata kunci yang banyak diminati audience ini bisa dicari melalui riset Google. Salah satu contoh nama akun untuk jualan buku di surabaya yaitu @bukumurah_surabaya.

Langkah dasar berikutnya yang bisa dilakukan yaitu melengkapi profil akun bisnis instagram dengan memanfaatkan detail-detail yang ada. Profil yang lengkap akan membuat akun Anda semakin menarik dan lebih dipahami oleh audience. Untuk melengkapinya, pemilik akun bisnis bisa menggunakan logo brand menjadi foto profil, menuliskan jargon di bio, mencantumkan kontak lengkap, mencantumkan link website, menampilkan kategori bisnis dan mengoptimalkan tampilan highlight.

Saat ini, konsumen cenderung melakukan riset terlebih dahulu melalui Google sebelum memutuskan membeli produk secara online. Oleh sebab itu, sangat penting setiap akun bisnis memiliki link website. Website ini akan memudahkan produk Anda ditemukan secara luas oleh konsumen. Di sisi lain, produk juga mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen. Jika dianalogikan, sosial media hanyalah sebuah etalase produk, sedangkan website merupakan tempat produksinya.

Selain itu, pemilik akun jualan di instagram juga bisa menghubungkan akunnya dengan akun media sosial lain seperti Facebook, Tumblr, Twitter dan masih banyak lagi. Jadi, nantinya setiap postingan di instagram bisa langsung dilihat juga oleh pengguna media sosial lain.

Membuat Konten Menarik

Setelah berhasil membuat akun bisnis, langkah selanjutnya yaitu membuat konten yang menarik. Upload foto ataupun video menarik terkait produk Anda dengan menonjolkan segi visualnya. Dalam melakukan promosi, sangat penting untuk mengunggah foto berkualitas dan instagramable. Anda bisa menggunakan background menarik, menambahkan efek, mengatur pencahayaan sehingga dapat membuat audience fokus pada produk.

Untuk menciptakan kepercayaan audience, pemilik akun bisnis bisa mengunggah foto produk dari berbagai sisi pada fitur multiple photos. Selain itu, bisa juga menyisipkan logo dan watermark sebagai ciri khas produk dan orisinalitasnya. Sebaiknya, foto tersebut tidak diposting di akun lain sehingga pengunjung mengetahui bahwa gambar tersebut asli konten Anda.

Meskipun sangat penting untuk membuat konten menarik, pemilik akun jualan juga perlu mempertimbangkan target pasar. Setiap postingan instagram harus dilengkapi dengan caption yang menarik dan jelas terkait deskripsi produk maupun keunggulannya. Selain itu, pastikan untuk melengkapi setiap caption dengan cara dan format pemesanan, misalnya:

  • Judul Buku:
  • Penulis:
  • Penerbit:
  • Jumlah Halaman:
  • Jumlah Pesanan:
  • Alamat Pengiriman:

Agar akun bisnis instagram tidak sepi, posting gambar maupun video secara rutin dan aktif memperkenalkan produk baru. Selain itu, perhatikan juga jam penayangan konten Anda untuk meningkatkan penjualan. Pada umumnya, sebagian besar pengguna membuka instagram pada jam-jam istirahat yaitu pukul 12.00-13.00, 20.00-21.00. Jam aktif pengguna instagram lainnya yaitu pukul 08.00 hingga 09.00 dan 16.00 hingga 17.00.

Mengumpulkan Banyak Followers

Mengumpulkan followers merupakan agenda wajib dalam melakukan bisnis online di instagram. Semakin banyak followers Anda, maka akan semakin luas dan banyak juga target pasar dari produk-produk yang ditawarkan. Sebelum mengumpulkan followers, tentukan dulu target pasar agar lebih efektif dalam berjualan. Percuma saja kan jika followers banyak tetapi tidak tertarik dengan produk yang ditawarkan?

Setelah berhasil menentukan target audience, pemilik akun bisa memfollow akun-akun yang biasa diikuti oleh target audience. Salah satu contohnya jika Anda menawarkan jasa paket liburan maka bisa mengikuti akun yang berkaitan dengan traveling. Sedangkan jika berjualan buku maka bisa mencari followers melalui komunitas menulis atau membaca. Setelah berhasil bergabung, maka follow pengikut dari akun-akun tersebut.

Tidak hanya mengumpulkan followers, hal tersebut juga bisa membantu Anda menemukan inspirasi konten yang menarik dan paling digemari oleh audience. Nah, setelah followers Anda meningkat hingga 100 ribu maka tidak ada salahnya untuk memprivat akun. Jadi, nantinya pengguna instagram akan semakin penasaran dengan produk yang dijual.

Menggunakan Hashtag Populer

Hashtag sangat efektif digunakan dalam berjualan di instagram. Tagar pagar ini akan membuat akun bisnis Anda lebih mudah ditemukan. Dalam media sosial instagram, hashtag ini sama dengan kata kunci saat melakukan riset di Google. Jadi misalnya nama akun bisnis tidak ditemukan di pencarian karena adanya kesalahan penulisan, maka bisa dengan mudah ditemukan jika menggunakan hashtag terkait.

Hashtag sendiri perlu dicantumkan untuk setiap konten yang dipunggah oleh pelaku bisnis. Gunakanlah hashtag populer yang sesuai dengan produk jualan Anda. Salah satu contohnya ketika berjualan makanan bisa menggunakan hashtag #makananenak #makananmurah # kulinersurabaya #kulinermurah dan masih banyak lagi.

Sebelum mencantumkan hashtag, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan hashtag terbaik, paling banyak digunakan dan mudah ditemukan di explore. Hal ini dikarenakan hashtag sangat berpengaruh pada traffic akun bisnis jualan di instagram. Meski begitu, sangat penting untuk memberi batasan penggunaan hashtag. Penggunaan hashtag berlebihan akan membuat konten terlihat seperti spam. Selain pada feed, Anda juga bisa menggunakan hashtag pada instastory.

Rajin Melakukan Promosi

Promosi merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam berbisnis, termasuk bisnis online. Promosi yang tepat akan menghadirkan banyak konsumen dan sebaliknya. Nah, bentuk promosi sendiri sangatlah beragam seperti membuat konten menarik, membuat captions yang dapat menggugah keingingan konsumen untuk membeli, menawarkan diskon ataupun menggunakan jasa promosi seperti berikut ini.

Menawarkan Diskon

Sudah menjadi rahasia publik bahwa diskon adalah salah satu alat untuk membuat konsumen tertarik membeli. Menariknya, sedikit apapun diskon tetap akan memberikan ketertarikan kepada audience untuk lebih mengenal produk Anda. Untuk menarik perhatian, cantumkan harga sebelum dan sesudah diskon. Diskon sendiri bisa diberikan sesuai kemampuan pemilik akun, bisa 5%, 10 % atau lebih. Selain itu, bisa juga menggunakan program promo beli 2 gratis 1, beli 1 gratis 1 atau lainnya. Selain di instagram, informasikan juga program promo ini melalui akun media sosial lain atau forum online.

Membuat Giveaway

Selain diskon, pemilik akun bisnis instagram juga bisa membuat program giveaway sebagai sarana promosi. Giveaway ini bisa dilakukan pada hari-hari spesial misalnya anniversary bisnis Anda atau akhir tahun. Sedangkan untuk akun yang berjualan buku bisa melakukan giveaway pada hari membaca, hari anak atau hari spesial lainnya.

Selain menarik konsumen, program giveaway juga bisa menjadi alat untuk mengumpulkan followers baru. Pada umumnya, dalam program giveaway pemilik akun akan menyediakan kuis yang harus diikuti oleh followers. Nah, dalam menjawab kuis tersebut biasanya diminta untuk melakukan share ataupun tag teman-temannya dengan jumlah minimal berbeda-beda. Dengan ini, secara tidak langsung orang tersebut akan membuka postingan giveaway dan melihat-lihat produk Anda.

Melakukan Paid Promo

Berbeda dengan kedua cara promosi sebelumnya, paid promote ini akan dipungut biaya. Meski begitu, cara ini sangat efektif dalam meningkatkan jumlah followers dan konsumen. Paid promote merupakan metode promosi di instagram yang dilakukan dengan memanfaatkan pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut berupa akun-akun publik atau influencer instagram yang memiliki banyak followers seperti lambe turah, lambe nyinyir, dagelan dan masih banyak lagi.

Dalam pelaksanannya, pemilik bisnis akan menyediakan dan mengirimkan foto produk lengkap dengan captionnya kepada pihak ketiga. Selanjutnya, pihak ketiga akan mengunggahnya melalui postingan feed ataupun instastory. Harga paid promote lebih murah dibandingkan endorse sehingga sangat cocok untuk pebisnis pemula. Untuk bisa menikmati sarana paid promote ini Anda membutuhkan dana minimal 25.000 dan bisa berbeda tergantung pada jumlah followersnya. Selain itu, harga juga bisa lebih mahal jika ingin melakukan beberapa postingan sekaligus.

Melakukan Endorse

Sebagian besar pelaku bisnis mungkin tidak asing dengan istilah endorse. Endorse merupakan sarana promosi dengan memanfaatkan publik figure yang sudah memiliki kepercayaan di hati masyarakat. Tidak hanya itu, publik figure ini tentunya memiliki banyak followers. Dalam prosesnya, pemilik akun bisnis akan memberikan produk kepada publik figure untuk diulas melalui akun instagram miliknya. Ulasan tersebut tentu saja berisi ulasan positif yang dapat menarik followers. Selain produk, bisa juga berupa jasa ataupun layanan.

Dalam melakukan endorse, Anda bisa menggunakan tokoh selebriti terkenal, selebgram ataupun influencer. Tarif endorse umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan paid promote. Dalam menentukan selebgram maupun influencer sebaiknya menggunakan tokoh yang berkaitan. Salah satu contohnya ketika pelaku bisnis ingin promosi produk makanan maka bisa menggunakan food blogger ataupun food vlogger.

Gunakan Teknik Soft Selling

Jika di facebook lebih cenderung menggunakan teknik hard selling, maka penjual di instagram bisa memanfaatkan teknik soft selling untuk memperkenalkan produknya. Sebenarnya teknik ini tidak terlihat seperti berjualan, akan tetapi sangat efektif untuk membangun hubungan dengan followers. Secara tidak langsung, teknik ini akan membantu Anda mengumpulkan banyak followers dan konsumen secara bertahap.

Teknik soft selling bisa dilakukan dengan mengunggah foto berisi quotes menarik. Bisa juga mengajak audience untuk bertukar pendapat untuk melihat seberapa besar ketertarikan audience dengan akun Anda. Selain itu, pemilik akun juga bisa membuat pertanyaan-pertanyaan terkait bisnis online melalui instastory untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Kendala Berjualan di Instagram

Sebagai media sosial yang banyak digunakan saat ini, instagram memang memiliki potensi dan keuntungan besar dalam bisnis online. Meski begitu, ternyata berjualan di instagram juga tidak bisa terhindar dari masalah. Nah, berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ketika berjualan di instagram.

  • Tidak memiliki target audience

Sebagian besar penjual di instagram megalami kegagalan karena tidak memiliki target audience yang jelas. Dalam melakukan promosi, mereka berhasil menyuguhkan konten yang menarik dan memiliki banyak pengunjung. Sayangnya, hal ini berbanding terbalik dengan jumlah konsumen karena sebagian besar pengunjung tersebut tidak membutuhkan produk yang ditawarkan. Kondisi ini tentu akan membuang waktu, pikiran, tenaga maupun uang.

Pemilik akun bisnis yang memiliki target audience akan lebih terarah dalam hal promosi. Jadi, penjual akan lebih fokus dalam membuat konten yang tepat dan sesuai dengan karakter target pasar.

  • Terlalu fokus pada jumlah followers

Follower merupakan hal penting dalam bisnis online di instagram karena nantinya merekalah yang berpotensi menjadi konsumen. Bahkan, jumlah followers juga bisa dijadikan tolak ukur popularitas akun jualan di instagram. Oleh sebab itu, tidak heran jika pebisnis pemula bekerja keras mengumpulkan followers.

Dari banyaknya pengikut di instagram, tidak semua followers aktif dalam melihat konten Anda. Umumnya, hanya sekitar 10% followers yang aktif melihat konten. Untuk itu, saat jualan di instagram jangan hanya fokus mengumpulkan followers sehingga hal lainnya terabaikan. Saat jumlah followers sudah banyak, maka Anda harus mengubah fokus cara promosi. Lakukan analisis followers seperti apa yang aktif melihat konten. Jika sudah, maksimalkan konten Anda sesuai dengan selera mereka sehingga tertarik melakukan pembelian.

  • Tidak memiliki brand voice otentik

Brand voice bisa menjadi ciri khas dari produk yang ditawarkan oleh pemilik akun bisnis sehingga lebih mudah dikenali audience. Brand voice sendiri bisa menjadi cerminan apakah brand tersebut memiliki karakter elegan, ceria, klasik dan lain-lain. Brand voice yang otentik bisa diciptakan melalui konten atau cara berkomunikasi.

  • Kurang promosi

Kesalahan lain yang juga menjadi kegagalan dalam bisnis online instagram yaitu kurangnya promosi sehingga tidak banyak audience yang tertarik. Untuk itu, lakukanlah promosi sebaik mugkin, bisa menggunakan instagram ads, paid promote, endorse atau bentuk promosi lainnya.

Nah, demikian tadi beberapa cara jualan di instagram yang tidak boleh dilewatkan oleh pebisnis pemula. Pada intinya, buatlah konten yang menarik dan maksimalkan penggunaan layanan promosi yang tersedia di instagram. Selain itu, tentu saja perhatikan kualitas produk sehingga konsumen akan tertarik menantikan setiap produk baru Anda.

 

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *