Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Jualan di Facebook atau Instagram? Ini yang Lebih Untung

2 min read

ENAK JUALAN DI FACEBOOK ATAU INSTAGRAM

Berbicara soal bisnis online, tentu kita tidak boleh melupakan Facebook maupun Instagram sebagai raksasa media sosial.

Tidak seperti website, kedua media sosial ini bisa dimanfaatkan secara gratis dan memiliki banyak pengguna sehingga cukup efektif dalam promosi produk online.

Meskipun keduanya sangat menguntungkan, tidak sedikit pelaku online shop yang masih ragu memilih platform terbaik.

Untuk itu, berikut telah kami rangkumkan keuntungan jualan di Facebook atau Instagram.

Keunggulan Jualan di Facebook

Facebook bisa dibilang sebagai raksasa media sosial karena sangat populer di berbagai dunia dan kalangan.

Dulu, Facebook menjadi sarana pamer status kehidupan pribadi ataupun hal lainnya. Namun, saat ini banyak pengguna yang memanfaatkan Facebook sebagai ladang bisnis online shop.

Di Indonesia, Facebook memiliki pengguna paling tinggi dibandingkan platform media sosial lainnya. dalam sehari, ada sekitar 107 juta pengguna aktif.

Berdasarkan riset yang pernah dilakukan terhadap 1.000 responden di beberapa kota besar didapatkan hasil bahwa Facebook telah memengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian online sebanyak 44%.

Berbeda dengan media sosial lainnya, Facebook ini menyediakan fitur grup yang cukup efektif untuk mempromosikan produk online shop. Grub ini pun dibedakan menjadi dua jenis yaitu grub terbuka dan tertutup yang dapat diikuti oleh semua pengguna Facebook.

Hingga kini, sudah banyak grub jual beli di Facebook yang mencakup banyak bidang seperti kuliner, karya seni, otomotif, fashion dan masih banyak lagi.

Pengguna Facebook umumnya lebih fokus pada kejelasan produk, baik dalam bentuk gambar maupun caption.

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan metode hard-selling jika ingin berjualan online melalui Facebook.

Facebook sendiri banyak digunakan oleh orang-orang yang berusia 25 hingga 65 tahun.

Keunggulan Jualan di Instagram

Instagram memang tidak memiliki sistem grub seperti Facebook sehingga Anda hanya bisa berjualan melalui sebuah akun pribadi.

Meski begitu, Instagram juga menawarkan banyak keuntungan bagi pebisnis online shop. Instagram memiliki kemudahan dalam mengakses foto, caption maupun video sehingga cocok untuk pengguna yang tidak suka ribet.

Selain itu, visual Instagram juga terlihat lebih rapi dan menarik sehingga penjual tidak terkesan nyampah dengan produk-produknya.

Bahkan, di platform media sosial ini juga telah dilengkapi banyak fitur edit gambar ataupun video yang akan berguna untuk mempercantik produk Anda. Instagram juga telah dipercaya sebagai platform dengan engagement rate tertinggi.

Instagram ini sifatnya lebih kekinian sehingga cocok untuk Anda yang berjualan barang-barang unik dan menarik perhatian masyarakat masa kini.

Pengguna instagram sebagian besar berusia 18 hingga 29 tahun. Karena Instagram lebih menonjolkan visual produk, maka tidak cocok digunakan untuk melakukan hard-selling.

Meski begitu, Anda bisa meraih banyak keuntungan dengan melakukan endorse ataupun paid promotion melalui akun publik figure atau influencer.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Instagram untuk para pelaku online shop yaitu adanya hashtag. Hashtag ini seperti keword dalam mesin pencarian (search engine) di internet.

Hashtag ini akan membantu dalam promosi produk muncul dalam pencarian beberapa orang tanpa perlu tahu akun Anda.

Jadi, pemilik akun online shop hanya perlu menyertakan hashtag populer yang berkaitan dengan produknya seperti #bajumurah #bajumurahsurabaya #dresskorea dan masih banyak lagi.

Mana yang Lebih Untung, Jualan di Facebook atau Instagram?

Sebenarnya, pertanyaan terkait mana yang lebih untuk berjualan melalui Facebook ataupun Instagram tidak memiliki jawaban yang pasti.

Hal ini dikarenakan keuntungan keduanya dipengaruhi oleh beberapa faktor dan sangat tergantung pada jenis produk yang Anda jual.

Facebook lebih cocok bagi pebisnis online yang mementingkan hard selling dan target pasarnya berusia 30 tahun ke atas.

Sedangkan untuk pemilik online shop yang produknya bersifat kekinian dan cenderung menonjolkan visual maka sebaiknya menggunakan Instagram.

Meski demikian, akan lebih efektif jika berjualan pada kedua media sosial tersebut sehingga target pasar lebih luas. Selain itu, Anda juga perlu memanfaatkan penggunaan setiap media sosial dengan melakukan promosi melalui endorse maupun paid promote.

Nah, demikian tadi keuntungan bisnis online melalui Facebook dan Instagram yang bisa dijadikan pertimbangan. Kira-kira Anda lebih tertarik jualan di Facebook atau Instagram?

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *