Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

JNE vs J&T vs SiCepat vs TiKi, Mana yang Lebih Cepat Sampai?

2 min read

JNE vs JNT vs Sicepat vs Tiki vs POS

Kalau kamu ingin beli barang secara online, pasti butuh yang namanya ekspedisi (jasa pengiriman barang). Ekspedisi sendiri ada banyak di Indonesia, mulai dari JNE, J&T, SiCepat, TiKi, Wahana, AntarAja, POS Indonesia, dan lain-lain.

Kali ini kita akan berbagi pengalaman dan membandingkan ekspedisi mana yang lebih cepat sampai, JNE vs J&T vs SiCepat vs TiKi dan beberapa ekspedisi lainnya.

Sebelum ke pembahasan inti, ada beberapa hal yang harus kamu tahu. Pada dasarnya, tiap ekspedisi punya tujuan yang sama, yaitu : mengantarkan barang ke tangan penerima dengan selamat.

Yang membedakannya ada di harga, pelayanan, dan kecepatan barang sampai. Biasanya, makin mahal sebuah layanan ekspedisi bisa lebih cepat sampai.

Tapi bukan hanya itu saja, ada faktor lain yang memengaruhi durasi pengiriman barang sampai ke tujuan.

  • Ekspedisi overload : Pihak ekspedisi bisa saja mengalami overload karena terlalu banyak paket yang harus dikirimkan. Sekarang jamannya sudah online semua, pebisnis online banyak yang mengirimkan ratusan bahkan ribuan paket setiap harinya, wajar jika ekspedisi suka overload. Paket yang harusnya dikirim hari itu, bisa ditunda 1-2 hari sesuai antriannya.
  • Alamat tidak jelas : Alamat paket yang tidak jelas alamatnya akan menyusahkan kurir. Jika alamat yang dicari tidak ketemu maka akan dikembalikan ke gudang di kantor ekspedisi terdekat. Paket akan didiamkan selama sehari atau beberapa hari, lalu pihak ekspedisi akan menginformasikan paket ke pemiliknya melalui nomor telepon. Jika tidak ada respon, maka paket akan dikembalikan ke pengirim.

Beberapa alasan tadi bisa memengaruhi durasi pengiriman paket. Nah, sekarang mari kita bahas ekspedisi mana yang pengirimannya bisa lebih cepat sampai.

Jasa Ekspedisi Tercepat, JNE vs J&T vs SiCepat vs TiKi vs POS?

Masing-masing jasa ekspedisi juga menawarkan beberapa jenis layanan seperti:

1. Layanan JNE

Layanan JNE Express

Berikut beberapa layanan JNE Express untuk pengiriman barang:

  • JNE OKE : 4-7 hari.
  • JNE REG (Regular) : 1-2 hari dalam satu kota, 2-4 hari untuk daerah kabupaten, 4-7 hari ke pelosok / antar pulau.
  • JNE YES (Yakin Esok Sampai) : 1 hari (khusus kota atau kabupaten di perkotaan), 1-2 hari jika pengiriman lebih dari jam 3 sore (luar kota yang jauh).

2. Layanan J&T

Layanan Ekspedisi JNT Express

  • J&T EZ : Kurang lebih sama seperti JNE REG, namun biasanya jauh lebih cepat tergantung daerahnya.

3. Layanan SiCepat

Layanan Sicepat Express

  • SiCepat REG (Regular) : Kurang lebih sama seperti JNE REG, namun biasanya jauh lebih cepat.
  • SiCepat BEST (Besok Sampai Tujuan) : 1 hari (khusus kota atau kecamatan tertentu), pengiriman harus sebelum jam 18:00

4. Layanan TiKi

Layanan Ekspedisi TiKi

Layanan yang ditawarkan TiKi juga bervariasi, diantaranya yaitu:

  • SDS (Same Day Service) : Produk SDS merupakan produk untuk tiba di hari yang sama. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan kecepatan pengiriman ke kota tujuan. (S & K berlaku)
  • ONS (Over Night Service) : Produk ONS adalah kiriman yang hanya membutuhkan waktu 1 (satu) hari saja untuk pengantaran ketempat tujuan sehingga Anda tidak perlu menunggu dengan waktu yang lama
  • TDS (Two Days Service) : Layanan dua hari merupakan produk TIKI yang memerlukan waktu 2 hari saja untuk tiba di tempat tujuan.
  • REG (Regular Service) : Produk regular menjangkau seluruh wilayah Indonesia hanya dalam waktu kurang dari 7 (tujuh) hari kerja maka kiriman Anda akan segera tiba

5. Layanan AnterAja

Layanan Ekspedisi AntarAja

AnterAja merupakan jasa ekspedisi baru, namun seiring berjalannya waktu penggunanya semakin banyak. Meski jangkauannya masih terbatas untuk saat ini, tapi servicenya cukup bagus.

AnterAja saat ini punya 2 layanan, yakni:

  • Next-Day : Pengiriman barang dalam kurun waktu 1 hari
  • Regular : Pengiriman barang dalam kurun waktu 1-2 hari khusus jabodetabek saja. Untuk luar jabodetabek, menyesuaikan.

6. Layanan POS

Layanan POS INDONESIA

Layanan POS Indonesia cukup banyak dengan jaringan yang menyeluruh hingga pelosok Indonesia.

  • Pos Express : Pos Express merupakan layanan PREMIUM milik Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh kota Propinsi wilayah Indonesia. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim paket, dokumen, surat serta barang dagangan online.
  • Pos Kilat Khusus : Pos Kilat Khusus merupakan layanan milik Pos Indonesia untuk pengiriman aman dan cepat dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirimkan paket, dokumen, surat serta barang dagangan online.
  • Pos Jumbo Ekonomi : Pos Jumbo Ekonomi merupakan layanan milik Pos Indonesia dengan tarif tingkat berat pertama dimulai dari 3 Kg dan setiap satu Kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 Kg.
  • Layanan Standar : Adalah layanan pengiriman dokumen dan barang domestik standar milik Pos Indonesia dengan jaringan terluas ke seluruh wilayah Indonesia.
  • Q9 Sameday Service : Q9 Sameday Service merupakan layanan TERBAIK milik Pos Indonesia yang mampu mendukung kelancaran usaha pembisnis online dan pelaku UKM. Q9 Sameday Service adalah layanan pengiriman dagangan online, paket, dokumen dan surat yang cepat dan aman dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan Ibu kota Propinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa, dengan batas waktu sampai maksimal 9 jam dan batas akhir pengiriman sampai pukul 16.00 waktu setempat.
  • QComm : QComm merupakan layanan baru milik Pos Indonesia yang memudahkan pebisnis online untuk mengirimkan barang dagangannya secara TEPAT WAKTU. Layanan QComm tersebar di seluruh area pulau Jawa dengan maksimal waktu 2 hari sampai tujuan. Berat maksimal barang yang dapat dikirim sebesar 5 Kg.

Jadi kalau mau yang tercepat bisa pilih JNE YES atau SiCepat BEST, tentu dengan harga yang lebih mahal dari REG.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *