Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Jasa Pengiriman Bayar di Tempat (COD) yang Terpercaya

4 min read

Jasa Pengiriman Bayar di Tempat atau COD

Kalau kamu suka belanja online, pasti sudah familiar dengan yang namanya COD atau Cash On Delivery. Dengan COD, kamu bisa membayar pesanan setelah pesanan sampai tujuan. Kamu hanya perlu menunggu pesanan datang lalu membayarnya ke kurir dengan uang tunai. Di Indonesia sendiri, sudah ada jasa pengiriman yang bisa bayar di tempat / COD.

Meski begitu, masih ada beberapa daerah yang belum bisa menikmati layanan ini karena satu dan lain hal. Harapannya di masa yang akan datang, layanan ini bisa menjangkau ke seluruh daerah bahkan sampai ke pelosok-pelosok.

Layanan COD sebenarnya memang belum lama hadir di Indonesia. Dulu yang mempelopori sistem bayar di tempat hanya beberapa ekspedisi, namun akhirnya banyak ekspedisi yang ikut-ikutan menyediakan layanan serupa supaya pelanggannya terpuaskan.

Pelanggan pun bisa memilih jasa pengiriman mana yang terbaik untuk COD atau bayar di tempat.

Hal ini akan memudahkan pelanggan saat membeli barang secara online tapi tidak punya rekening.

Jasa Pengiriman Bayar di Tempat atau COD (Cash on Delivery)

Dari sekian banyak ekspedisi yang bisa bayar ongkir ditempat, berikut kami rangkumkan jasa pengiriman bayar di tempat yang terpercaya.

1. JNE

Jasa pengiriman JNE memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini bahkan sudah lama hadir membantu masyarakat Indonesia dari beberapa dekade yang lalu.

Banyak orang yang memercayakan pengiriman barang melalui JNE karena terpercaya, berpengalaman dan cukup cepat.

JNE juga memiliki berbagai layanan seperti JNE REG (Reguler), YES (Yakin Esok Sampai), dan tentu bisa bayar di tempat atau COD (Cash on Delivery).

2. JNT

Untuk jasa pengiriman bayar di tempat berikutnya yaitu JNT. Meski baru beberapa tahun berdiri, popularitas JNT semakin meningkat. JNT bahkan bisa dikatakan pesaing unggul ekspedisi lain, karena jumlah pengirimannya sangatlah banyak. JNT tentu cukup diperhitungkan oleh JNE dan pemain besar lainnya.

JNT sendiri menawarkan beberapa opsi pengiriman, yaitu JNT EZ (Reguler) dan COD (Cash on Delivery).

Ekspedisi JNT juga sudah terpercaya, cepat dan aman meski harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal ketimbang ekspedisi yang lain.

3. TiKi

Perlu anda tahu, TiKi sebenarnya beroperasi jauh lebih awal ketimbang JNE ataupun JNT. Ekspedisi yang satu ini mampu bertahan dari dulu hingga sekarang meski banyak kompetitor baru yang bermunculan.

Meski sudah cukup tua, TiKi juga terus mengikuti perkembangan zaman. Bahkan saat ini mereka mengikuti trend dengan menyediakan layanan bayar di tempat atau COD.

4. POS Indonesia

Jasa pengiriman ini merupakan salah satu jasa yang dinaungi oleh BUMN. Karena bekerjasama langsung dengan pemerintah, POS Indonesia mematok tarif yang jauh lebih murah ketimbang jasa pengiriman lainnya.

Karena transaksi pengiriman semakin banyak, POS Indonesia juga semakin ditingkatkan kualitas dan layanannya. Salah satu layanan terbaru yaitu adanya layanan COD untuk memudahkan masyarakat bertransaksi. Cara COD lewat POS juga tidak jauh berbeda dengan jasa ekspedisi lainnya.

5. SiCepat

Selanjutnya, ada SiCepat. Kehadiran ekspedisi ini jelas meramaikan jagad pengiriman barang di tanah air. Meski belum begitu lama beroperasi, SiCepat saat ini sudah bertumbuh dengan sangat pesat.

Banyak masyarakat yang sudah mengetahui jasa pengiriman ini karena layanan yang diberikan beragam, misalnya layanan bayar di tempat / COD.

Dahulu sewaktu baru launching, layanan ini sangat cepat mengirim barang bahkan bisa satu hari sampai. Namun mungkin karena jumlah orderan yang semakin meningkat, performanya agak menurun. Ini bisa dibuktikan dari banyaknya komplain SiCepat yang masuk karena beberapa masalah.

Akan tetapi, kami tetap merekomendasikan SiCepat untuk pengiriman barang dengan sistem COD karena selama kami membeli barang dengan jasa SiCepat, barang bisa sampai ke tujuan dengan cepat dan aman.

6. Ninja Xpress

Ekspedisi pengiriman yang bisa bayar di tempat selanjutnya yaitu Ninja Xpress. Bagi yang belum tahu, Ninja Xpress merupakan jasa pengiriman dari Ninja Van yang beroperasi pada tahun 2014. Ninja Van sendiri adalah perusahaan pengiriman ekspress yang menawarkan layanan pengiriman berbasis teknologi di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Meski belum sefamiliar jasa pengiriman lainnya, Ninja Xpress nyatanya memiliki beberapa layanan yang cukup variatif dengan durasi pengiriman yang relatif cepat.

Selain itu, baru-baru ini Ninja Xpress juga sudah bisa melakukan pengiriman bayar di tempat atau COD. Bahkan mereka memiliki 2 layanan COD yaitu:

COD Standar

  • Biaya COD hanya 2,5-3%
  • Menjangkau 100% wilayah Indonesia

COD Advance

  • Dana COD cair di muka hingga Rp 150 Juta/hari
  • Biaya COD hanya 2,5-3%
  • Proses mudah dan cepat, 1-2 hari

F.A.Q (Frequently Answer Questions)

Bagaimana Cara Kerjasama COD dengan Jasa Pengiriman?

Cara kerjasama COD dengan jasa pengiriman sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak jasa pengiriman.

Misalnya di sini anda ingin bekerjasama dengan JNE, maka gunakanlah COD Retail. Dikutip dari halaman resmi JNE untuk COD Retail, berikut informasinya.

COD (Cash on Delivery) Retail adalah fitur pembayaran bagi online seller yang melakukan pengiriman barang dengan menggunakan layanan JNE.

Fitur layanan ini memungkinkan pembeli melakukan pembayaran langsung melalui kurir setelah serah terima paket dilakukan.

Syarat dan Ketentuan COD JNE :

  • Seller mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di Sales Counter JNE.
  • Pada saat pendaftaran Seller melampirkan foto copy buku tabungan yang tertera nomor rekening.
  • Seller sudah terdaftar sebagai member JNE Loyalty Card (JLC) minimal 1 bulan berjalan.
  • Fitur ini berlaku untuk COD barang yang dikirimkan oleh Seller melalui Sales Counter JNE tempat Seller terdaftar.
  • COD Retail berlaku untuk layanan Regular, OKE & JTR.
  • COD retail diprioritaskan untuk online seller yang berjualan diluar marketplace.
  • Biaya COD hanya dikenakan untuk transaksi pengiriman yang sukses terkirim dan dibuktikan dengan laporan Proof of Delivery (POD) pada sistem JNE.
  • Biaya lain-lain seperti biaya kirim, asuransi, packing, surcharge (apabila ada) dibayarkan pada saat transaksi pengiriman.
  • Nilai yang JNE bayarkan kepada Seller adalah nilai yang telah dikurangi biaya COD setelah kiriman sukses.
  • Maksimal nilai/harga barang dengan layanan COD Retail adalah Rp5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) per Connote/transaksi/alamat.
  • Kiriman wajib diasuransikan apabila harga barang diatas 10 kali ongkos kirim.
  • Kiriman yang tidak berhasil terkirim (undelivery) akan dikembalikan (return) langsung ke pihak Seller setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak Seller.
  • Alamat pengembalian kiriman undelivery sesuai dengan instruksi yang diterima dari Seller.
  • Untuk barang dengan status undelivery, apabila tidak ada instruksi pengembalian barang dari Seller maka berlaku penanganan kiriman undelivery yang berlaku di JNE.
  • Pembayaran biaya COD dapat menggunakan uang cash maupun digital

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi dan berkonsultasi ke Sales Counter JNE di kota setempat.

Kalau kerjasama COD dengan jasa pengiriman J&T, TiKi, SiCepat, Ninja Xpress atau yang lainnya bagaimana?

Kurang lebih sama, anda hanya perlu mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan pihak ekspedisi.

Apakah Ekspedisi Wahana COD?

Sejujurnya kami belum mengetahui apakah jasa pengiriman Wahana bisa melakukan COD atau tidak. Setelah kami meriset dari website resminya belum tertera adanya layanan ini. Kami juga meriset beberapa situs, namun belum ada yang menjelaskan bahwa Wahana bisa melakukan COD. Jadi kemungkinan besar, Wahana BELUM bisa bayar di tempat / COD.

Bagaimana Cara Pembeli Melakukan COD?

Meski jasa pengiriman yang sudah kami sebutkan di atas memiliki fitur COD, namun seller (penjual) belum tentu memiliki fitur tersebut. Bisa saja karena belum bekerjasama atau belum memenuhi persyaratan yang diberikan.

Kecuali jika pembeli order di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak mungkin bisa membeli barang dengan lebih mudah. Karena mayoritas pengirimannya sudah mendukung layanan COD ini.

….

Itulah ulasan singkat mengenai jasa pengiriman bayar di tempat atau COD (Cash on Delivery) yang bisa kami sampaikan. Masyarakat Indonesia sepertinya lebih suka menggunakan jasa COD dari JNE, JNT, POS, TiKi, SiCepat, dan Ninja Xpress karena lebih praktis, tidak perlu repot-repot ke ATM / bank. Selain itu, menggunakan COD juga dirasa lebih aman dari penipuan.

Dari sisi penjual, layanan COD juga bisa menguntungkan usaha mereka. Tingkat ordernya bisa jauh lebih tinggi ketimbang tidak melakukan COD.

Meski begitu, layanan COD juga punya risiko tersendiri bagi penjual. Misalnya pembeli susah dihubungi ketika barang sampai, tidak jadi membeli, lupa, alamat tidak lengkap sehingga barang yang dipesan malah diretur atau dikembalikan.

Risiko ini memang pilihan saja, mau menggunakan COD atau tidak tentu tergantung kebijakan masing-masing.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *