Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

10 Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed Menarik

5 min read

Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed

Kalimat promosi makanan yang menarik akan membuat calon pembeli penasaran. Semakin keren kata-kata promosinya, semakin penasaran pula calon pembeli tersebut.

Pikiran mereka bereaksi, lidah jadi talik ulur, bahkan gigi gatel nggak karuan karena pengin nyobain.

Dengan melakukan promosi makanan yang menarik, kita bisa menjual makanan lebih banyak dan menghasilkan keuntungan berlipat. Hanya dengan kata-kata atau beberapa kalimat saja, kita sudah bisa memengaruhi banyak orang untuk membeli.

Bahkan jika promosi yang dilakukan viral, orang lain akan membagikan promosi tersebut secara cuma-cuma. Seperti efek bola salju, awalnya memang bola kecil namun seiring berjalannya waktu jadi bola salju yang sangat besar.

Contoh Kalimat Promosi Makanan

1. Cari dan Tentukan Target Spesifik

Untuk menghasilkan promosi dengan tingkat closing rate tinggi, kita harus menentukan target pasar yang spesifik. Kalau anda jual sambal di media sosial, maka target marketnya adalah orang-orang yang suka sambal dan makanan pedas. Akan keliru jika kita menawarkan promosi ke orang-orang yang hanya suka kue dan manis-manis.

Begitu juga jika kita menawarkan daging ke orang-orang yang vegetarian. Mereka tidak akan tertarik. Maka dari itu, kita harus benar-benar tahu target pasar yang ingin kita bidik.

  • Kamu pelajar atau mahasiswa? Ada diskon spesial untuk semua menu nih buat kamu!
  • Khusus bulan Juli, bagi yang bernama Juli diskon 50% untuk semua menu!!!
  • Selamat Hari Ibu! Gratis makan dan minum sepuasnya untuk ibu hamil, yuk mampir sini bareng keluarga!

2. Pakai Kata-kata yang Memengaruhi

Ini sebenarnya salah satu teknik hardselling, dimana kita bisa memengaruhi calon pembeli dengan kata-kata seperti; gratis, diskon, khusus hari ini, spesial, buy one get one, sebelum kehabisan, dan lain-lain. Menggunakan kata-kata ini terbukti ampuh menarik banyak orang, apalagi kalau mereka benar-benar tahu produk / brand yang kita miliki.

3. Gunakan Kata-kata Atensi

Membuat kalimat promosi di sosmed perlu teknik copywriting yang bagus. Entah itu promosi di Instagram, Facebook atau Whatsapp, semuanya butuh copywriting. Salah satu teknik copywriting yang cukup sering digunakan yaitu menyelipkan atensi ketika promosi.

Tujuan menggunakan kata-kata atensi tentu saja untuk menarik perhatian calon pembeli. Dalam Bahasa Indonesia, kata-kata atensi ada banyak jumlahnya seperti; peringatan, hati-hati, waspada, awas, jangan sampai, segera, bahaya, heboh, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat promosi makanan menggunakan unsur atensi yaitu:

  • Hati-hati dengan Sate Ayam Pak Broto, sekali dimakan langsung bikin nagih!
  • Bahaya! Makan Baso Aci Kadrun bisa menyebabkan ketagihan yang paripurna dan efek ketergantungan pengen coba lagi!
  • Waspada, jus Mama Lita bisa bikin perutmu nggak buncit lagi. Aman dan halal.
  • Awas! Madu Brondong berasal dari hutan Kalimantan asli. Murni madu 100%, tanpa gula dan pengawet tambahan.

4. Gunakan Kalimat Solutif

Kalimat promosi untuk makanan sebenarnya bisa juga kita kreasikan dengan unsur membantu atau memberi solusi.

Penggunaan kata promosi makanan sangat memengaruhi penjualan bisnis anda. Anda cukup bantu permasalahan mereka dengan memberi solusi melalui produk anda.

Contoh simpelnya:

  • Dapatkan perut bebas buncit dengan konsumsi jus detox kami, aman dan halal 100%. Terpercaya sejak tahun 1999.
  • Dompet menipis karena tanggal tua? Tenang, makan di Warteg Bu Maryam aja! Udah enak, nggak bikin kantong bolong lagi…
  • Pengin makan manis-manis tapi takut gula darah tinggi? Yuk coba Cookies Honey Yummy, kue kering rendah gula yang menyehatkan.
  • Susah BAB karena pola makan tidak sehat? Tenang, kan ada Flimty! Cukup minum 2x sehari pasti BAB lancar kembali.
  • Sekarang hadir Yama Bento, bento aneka karakter untuk anak-anak yang susah makan. Lucu dan menggemaskan, anak Anda pasti suka!

5. Tawarkan Value

Value atau nilai tambah juga sangat berguna saat melakukan promosi di media sosial. Dengan menawarkan nilai tambah, promosi anda bisa lebih diterima akal.

Informasi ini bisa menarik calon pembeli untuk segera order ke bisnis anda ketimbang ke kompetitor. Berikut beberapa contoh kalimat promosinya:

Salad buah Sarah dibuat dari buah segar pilihan dengan tambahan topping yang bisa direquest oleh pembeli.

  • Nasi Bakar Rijal, menyediakan nasi bakar enak dan murah dengan layanan gratis ongkos kirim, khusus kota Bandung.
  • Sambal Matah Bu Lani terbuat dari cabai segar berkualitas tanpa pengawet dan penyedap rasa.
  • Burger Healthy Jon adalah satu-satunya burger yang dibuat dari 100% sayuran, termasuk roti dan isiannya.
  • Jajanan pasar Bu Jum adalah jajanan pasar yang pernah dicoba langsung oleh Presiden Indonesia.

6. Kalimat Promosi Makanan dengan Momentum Viral

Di zaman media sosial, ada banyak sekali hal viral yang bisa kita temui. Hari ini ada yang viral, besok juga ada yang viral. Seperti tidak ada habisnya.

Di momen seperti itu, anda bisa memanfaatkan situasi untuk melakukan promosi.

  • Kemarin sempat viral odading mang oleh, anda bisa coba ikut numpang ngiklan. Nasi Goreng Gengsterio, rasanya seperti menjadi Iron Men, muantaappp banget!

7. Kata COD atau Bayar ditempat

Kata COD atau bayar ditempat sudah sering kita temui di media sosial. Tiap kali ada iklan yang muncul, pasti ada saja kata tersebut, apalagi di Facebook.

Seperti yang kita tahu, bisnis online saat ini marak dengan penipuan. Banyak penjual nakal yang ketika sudah ditransfer oleh pembeli, mereka hilang begitu saja dan barang tidak dikirim.

Karena hal semacam ini, pembeli merasa khawatir jika berbelanja online. Dengan adanya fitur bayar ditempat, pembeli jadi lebih percaya kepada penjual. Saat barangnya sampai, mereka baru membayarnya.

Kalau anda menerapkan fitur bayar ditempat, calon pembeli akan lebih percaya dan akhirnya melakukan transaksi. Jumlahnya bukan satu dua orang saja, tapi banyak. Mereka benar-benar ingin melakukan transaksi dengan penjual yang bisa COD.

Maka dari itu, anda bisa coba menggunakan kata COD atau bayar ditempat saat melakukan promosi secara online. Ini beberapa contoh kalimat promosi makanan di medsos yang bisa anda coba untuk promosi:

  • Madu Asli dari Hutan Kalimantan (Bisa COD/Bayar ditempat). Tanpa pengawet buatan, 100% murni madu asli. Kaya khasiat.
  • Bisa bayar ditempat (COD). Sambal Rempah Bu Ida. Pedasnya juara, segar dan banyak varian. Ready stok, siap kirim seluruh Indonesia. Harga cuma 49rb, hubungi 082101069xxxx. Buktikan sendiri sensasinya!

8. Garansi

Menggunakan kata garansi dalam promosi seperti memberi jaminan khusus kepada pembeli. Penjual yang memberi garansi juga terlihat lebih professional dan peduli terhadap pembeli. Rasa khawatir pembeli juga berkurang karena kalau barang kenapa-napa, ada tanggung jawab dari penjual.

Jika ada barang yang cacat atau rusak, pembeli bisa komplain kepada penjual secara langsung. Di sini, sebagai penjual bisa menawarkan retur barang atau jaminan uang kembali.

Berikut contoh kata-kata promosi makanan yang bisa anda gunakan sebagai copywriting.

  • Donat frozen dijamin enak! Expired masih lama, jika barang yang dikirim 7 hari mendekati masa expired, garansi uang kembali 100%!
  • Kue brownis Ratu Melinda, lembut dan nikmat! Jika kemasan kue rusak / cacat, garansi ditukar dengan yang baru!
  • Garam Himalaya Premium, kualitas terbaik! Jika barang dibawah standar pasaran, garansi uang kembali!

9. Free Ongkir

Di bisnis online, kita pasti tidak luput dari jasa pengiriman. Ketika pengiriman barang, umumnya pembeli harus menanggung ongkir (ongkos kirim). Hal semacam ini tentu cukup memberatkan, apalagi yang jaraknya di pelosok atau daerah timur Indonesia. Harga ongkir tentu jadi sangat mahal, bahkan terkadang lebih mahal dari harga barangnya.

Kalau anda sudah siap menanggung ongkir sebagai penjual, maka kalimat promosi di sosmednya  bisa menggunakan kata “free ongkir/gratis ongkir”.

Dengan begitu, calon pembeli semakin tertarik dengan promosi bisnis makanan anda. Mereka tidak perlu khawatir ongkir akan menjadi beban, karena sudah digratiskan oleh penjual.

Strategi free ongkir ini juga terbukti berhasil mendatangkan lebih banyak pembeli, bisa kita lihat di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada. Pengunjung hariannya sangatlah banyak, bahkan bisa ratusan ribu pengunjung per hari.

Inilah beberapa kalimat promosi makanan di media sosial menggunakan kata gratis ongkir:

  • Nugget Ayam Liana yang gurih dan lembut, cocok untuk bekal si kecil. Gratis ongkir seluruh Indonesia , pemesanan via Shopee dan Tokopedia.
  • Mie Ramen Sarada asli bikin nagih! Buruan order sekarang, lagi ada promo free ongkir se-Kota Bandung nih!
  • Kacang mede oven original, gratis ongkir seluruh Indonesia untuk pembelian minimal 10 pcs.
  • Kurma Ajwa asli, manis banget! Hari ini free ongkir khusus untuk 20 pembeli pertama.

10. Bonus Spesial atau Gratis Item Tertentu

Bonus spesial bisa kita tambahkan sebagai copywriting pemasaran anda. Dengan cara ini, calon pembeli akan merasa ‘untung’ jika membeli produk yang ditawarkan. Pikiran bawah sadar calon pembeli biasanya langsung kebelet order jika diiming-imingi bonus spesial atau gratis item tertentu.

Contoh kata-kata promosinya seperti ini:

  • Buy One Get One! Order 1 pcs roti bakar jumbo, gratis 1 pcs roti bakar original!
  • Gratis 1 box roti ayam baso setiap pembelian minimal 5 box, berlaku kelipatannya! Promo sampai akhir bulan Desember lho, yuk diorder sekarang juga!
  • Pesan Baso Urat Pedas Level 6 ke atas, free 1 minuman apa saja!
  • Khusus hari ini! Dapatkan es boba gratis dengan melakukan transaksi minimal Rp 50.000 di gerai kami!
  • Makan bareng-bareng bayar pake Gopay minimum 40 ribu, diskon 30% all menu!
  • Gratis jus alpukat minimal pembelian 3 jus buah khusus hari ini, hemat sampai Rp 15.000!
  • Jelang lebaran, promo paket hemat ayam geprek super mantap!
  • Pesan 3 Baso Aci Mang Oleng via Grab, gratis es jeruk 1 pcs!
  • Dapatkan gratis 1 porsi makan kepiting bakar setelah membeli 3 porsi kepiting bakar, hajar yuk!
  • Grand opening! Diskon 35% untuk 50 pembeli pertama!

Anda bisa menggaet pembeli lebih mudah menggunakan cara-cara di atas. Coba tentukan target spesifik yang ingin diprospek, lalu buatlah penawaran spesial untuk mereka.

Contohnya untuk pelajar/mahasiswa, pembeli pertama, yang sedang ulang tahun, dan sebagainya. Selain itu, buat promosi yang membuat calon pembeli ingin buru-buru order. Misalnya dengan kata-kata promosi ‘khusus hari ini’, ‘selama bulan ini’, ‘akhir tahun’, dan sebagainya.

Intinya, buat penawaran yang seakan-akan menguntungkan pembeli namun dibatasi oleh syarat tertentu seperti waktu atau jumlah pembelian.

Jika anda ingin memadukannya dengan desain promosi makanan yang menarik, silakan cari referensinya di freepik.com dengan kata kunci food promotion.

Baca juga: Contoh Kata-kata Promosi Bisnis Kopi Kekinian

Itulah beberapa contoh kalimat promosi makanan di sosmed seperti di Facebook, Whatsapp (WA), atau Instagram. Semoga bermanfaat.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *