Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Contoh Iklan Film Bioskop Terbaik dan Inti Filmnya

1 min read

Contoh Iklan Film Bioskop Terbaik

Yang harus anda tahu, membuat film sukses bukanlah hal yang mudah. Butuh kreativitas tinggi, kerja keras, waktu, dan uang yang banyak. Bahkan setelah semua pengorbanan yang telah dilakukan, termasuk mengusung artis papan atas, tidak ada jaminan bahwa film tersebut akan sukses.

Terbukti, sudah banyak film yang menggelontorkan budget milliaran dollar tapi akhirnya merugi karena tidak dilirik orang. Seperti misalnya film John Carters, meski visual efeknya sangat banyak dan menghabiskan Rp 4 triliun, tapi ujung-ujungnya film tersebut hanya mendapat keuntungan kotor Rp 2,3 triliun sehingga merugi Rp 1,7 triliun.

Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Salah satu faktor keberhasilan film yang jarang terpikirkan banyak orang adalah pemasaran film.

Pemasaran dalam iklan cetak atau iklan digital akan memberi dampak besar pada apakah calon penonton tertarik atau tidak.

Kampanye pemasaran yang ciamik dapat menarik ratusan ribu atau lebih banyak orang untuk menonton film tersebut. Tujuan iklan film tentu saja untuk membuat calon penonton merasa antusias dan ingin segera datang ke bioskop, yang pada akhirnya agar film sukses keuangan.

Karena hal itu, kita akan mengulas beberapa contoh iklan film terbaik sepanjang sejarah. Mungkin ada yang lebih baru, ada yang lebih tua, akan tetapi contoh iklan film berikut memang keren!

Contoh Iklan Film Bioskop Terbaik

Avatar

Avatar adalah salah satu film paling sukses sepanjang masa, dengan keuntungan yang sangat fantastis. Sebelum jadi hits, Avatar termasuk film yang paling ditunggu-tunggu karena sangat misterius. Banyak orang yang penasaran, sebenarnya film seperti apa Avatar itu.

Strategi kampanye pemasaran Avatar dibuat dengan epik. Meski film tersebut dirilis bulan Desember 2009, nyatanya James Cameron dan tim pemasarannya tidak merilis visual jadi sampai beberapa bulan sebelumnya, ini tentu sangat berbeda dari film kebanyakan yang merilis sesuatu dari setahun sebelum perilisan.

Trailer yang ada juga tidak terlalu menampilkan plot cerita, hanya menampilkan CGI dan teknologi 3D yang sangat menyuguhkan mata. Dengan visual yang memukau dan kampanye pemasaran menjelang perilisan, menarik minat banyak orang untuk menonton di seluruh dunia.

Hingga saat ini, Avatar sudah meraup lebih dari $2,7 miliar di box office, salah satu film dengan keuntungan terbanyak sepanjang masa.

The Hunger Games

The Hunger Games adalah sebuah serial buku dewasa muda yang sukses sebelum dijadikan film. Jadi mereka sebenarnya sudah punya penonton khusus untuk film adaptasi.

Tim pemasaran The Hunger Games benar-benar berusaha untuk memaksimalkan kampanye promosi mereka. Dengan sedikit pemikiran bahwa kebanyakan peminat buku The Hunger Games adalah anak muda, mereka menargetkan penonton remaja yang muda-muda.

Mereka membuat para penggemar The Hunger Games merasakan sensasi ketegangan saat berada di dunia penuh kompetisi.

Mereka juga melibatkan audiens secara khusus dan tidak hanya menampilkan trailer atau foto saja. Penggemar bisa membuka konten khusus dan konten eksklusif keren lainnya.

Dengan menarik penggemar, maka ekspektasi penggemar akan tinggi. Setelah mereka puas menonton, tentu mereka akan merekomendasikannya ke orang lain. Dan tentu saja, dari film dan premise yang diangkat juga benar-benar menarik.

The Avenger

Berbeda dari film kebanyakan, kampanye pemasaran Avenger adalah semua film Marvel yang ada sebelumnya. Seperti yang kita tahu, The Avenger adalah super hero Marvel yang bergabung membentuk satu tim.

Setiap hero Marvel sebelumnya sudah memiliki cerita, latar belakang, dan penggemarnya sendiri. Ketika setiap karakter bergabung, maka masing-masing penggemar karakter akan lebih terpuaskan.

Nah itulah beberapa contoh iklan film terbaik yang ada di dunia. Dengan menyimak beberapa contoh iklan film tersebut, kita jadi tahu bagaimana sebuah marketing bisa menghasilkan keuntungan jutaan dollar.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *