Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

7 Cara Promosi Podcast Agar didengar Orang

1 min read

CARA PROMOSI PODCAST AGAR DIDENGAR BANYAK ORANG

Five, four, three, two, one … close the door! Tau nggak tagline nya siapa? Kalau nggak tahu, waduh mainnya kurang jauh berarti nih. Yaps, benar sekali! Itu adalah tagline podcastnya Deddy Corbuzier.

Dengan tagline itu, beliau bisa membuat audiens lebih semangat dan tertarik untuk mendengarkan.

Kemunculan Deddy Corbuzier dalam dunia podcast sepertinya membawa pengaruh yang cukup besar di Indonesia. Memang kemunculan podcast sudah ada sebelum Deddy Corbuzier membuat podcast, namun dulu belum se-familiar sekarang.

Bahkan karena jumlah tontonan podcast Deddy Corbuzier di Youtube yang begitu tinggi, banyak orang lain yang akhirnya ikut-ikutan membuat podcast. Akhirnya, podcast menjadi platform yang booming di Indonesia.

Podcast sendiri sekarang sudah diterima masyarakat dan bisa didengarkan di banyak platform seperti Anchor.fm, Spotify, Sound Cloud, Youtube, dan lain sebagainya.

Cara Promosi Podcast

1. Undang Bintang Tamu yang Spesial

Cara promosi podcast yang paling natural tentu saja dengan mengundang bintang tamu yang spesial. Spesial bagaiman sih? Tentu bintang tamu yang punya wawasan luas sehingga bisa menambah wawasan audiens.

Sesuaikan dengan tema podcast yang ingin anda targetkan. Misalnya podcast anda tentang horror story, maka undanglah orang-orang yang punya pengalaman mistis. Makin unik premis yang dibawakan narasumber, makin bagus juga kualitas konten podcast yang anda suguhkan.

2. Cara Promosi Podcast dengan Membuat Konten Berkualitas

Konten podcast yang berkualitas biasanya akan dipromosikan oleh orang-orang secara tidak langsung.

3. Promosikan Podcast ke Media Sosial

Kalau podcast yang anda bangun sudah punya konten (minimal 5 dulu), coba promosikan podcast ke media sosial. Bagikan episode terkeren atau terbaru yang ada di podcast anda ke teman-teman di media sosial agar mereka tahu, anda itu punya podcast.

Sesuaikan juga audiens yang ingin anda bidik. Jika podcast anda membahas self development dan karir, maka membagikannya ke LinkedIn adalah pilihan yang tepat. Sebaliknya, kalau konten podcastnya untuk hiburan maka  lebih baik membagikannya ke media sosial lain seperti Facebook, Instagram, TikTok, atau Twitter.

4. Rekam Podcast Saat Siaran Langsung

Anda pisa upload konten podcast di berbagai media seperti soundcloud, ig tv, youtube. Anda juga bisa live streaming di berbagai media kesukaan anda. Misalnya saat anda sedang merekam menggunakan Facebook Live, podcast anda bisa langsung di dengar oleh banyak teman di facebook.

Begitu juga di platform lain seperti IG Live atau Youtube Live, anda bisa merekam bincang-bincang anda dengan bintang tamu sambal ditonton oleh banyak orang.

5. Posting Blog

Blog dengan jumlah pengunjung yang banyak bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan podcast. Jika anda punya blog, cobalah promosikan podcast anda di sana. Ulas sedikit mengenai podcast anda dan ceritakan secara singkat episode terbaru yang sudah diterbitkan.

Ini juga bisa menambah skor SEO blog karena kontennya semakin berbobot dengan ditambahkannya podcast ke dalam artikel.

Google juga menyukai artikel yang disipi banyak value untuk memperjelas isi artikel. Selain gambar dan video, anda tentu bisa menambahkan podcast audio ke artikel.

6. Cara Promosi Podcast dengan A/B Testing

Ini adalah tips mempromosikan podcast yang terakhir, yaitu dengan melakukan a/b testing. Jika media sosial kurang memuaskan hasilnya, coba berhenti sejenak dan berpikir.

7. Berkomentar di Podcast Lain

Anda bisa melakukan komentar di podcast lain untuk mengenalkan diri anda kepada orang-orang.

Itulah beberapa penjelasan mengenai podcast dan beberapa cara promosi podcast untuk menjangkau lebih banyak orang. Beberapa dari kita memang baru yang memulai menjalankan podcast dan yang menyimak hanya sedikit. Tapi itu tidak mengapa, semuanya butuh proses.

Jangan terlalu memikirkan angka, pikirkanlah kebermanfaatan. Jika anda bikin podcast untuk bisa lebih bermanfaat kepada orang lain, maka lakukanlah. Ikhlas dan konsisten.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *