Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Cara Mendapat Testimoni Pelanggan yang Baik Tanpa Ngemis

3 min read

Masyarakat modern sudah tidak asing dengan dunia digital, bahkan sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan dukungan teknologi yang semakin mutakhir kini telah banyak yang mendirikan bisnis startup. Agar usaha Anda lebih cepat dikenal banyak khalayak umum maka yang harus Anda lakukan adalah meminta testimoni dari konsumen. Silahkan simak cara mendapat testimoni pelanggan untuk mendapatkan konsumen baru.

Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan dengan Mudah

Testimoni merupakan ulasan produk yang diberikan oleh konsumen, sehingga konsumen lain dapat mengetahui kualitas dari produk atau jasa yang diulas. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara ampuh untuk menyakinkan konsumen baru sehingga mereka akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sebelum menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan, kebanyakan para calon konsumen akan mencari testimoni terlebih dahulu. Jumlah testimoni yang banyak akan membuat calon konsumen merasa yakin dengan produk Anda. Agar pelanggan mau memberikan testimoninya maka Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah ini:

Menanyakan Langsung Kepada Konsumen

Bertanya secara langsung kepada pelanggan mengenani kepuasan terhadap jasa atau produk yang ditawarkan merupakan cara yang cukup banyak digunakan. Hal ini dikarenakan cara ini sangat mudah dan praktis dilakukan. Agar Pelanggan dapat memberikan ulasan yang detail maka usahakan Anda memberikan umpan balik sehingga dapat menyampaikan hal yang tidak dipikirkan sebelumnya. Anda juga dapat meminta pelanggan untuk mengisi survey melalui email, namun agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan Anda harus memperhatikan waktu yang tepat ketika memintanya.

Kiat meningkatkan testimoni juga dapat Anda lakukan dengan menelpon secara langsung. Dialog yang dilakukan secara langsung akan sangat memungkin Anda untuk mendapatkan ulasan yang jujur dari pelanggan. Anda pun dapat dapat mengarahkan konsumen ke media sosia atau alamat web untuk memberikan testimoni online mereka.

Mengapresiasi Testimony Yang Diberikan Oleh Pelanggan

cara mendapat testimoni pelanggan yang kedua yaitu menunjukan apresiasi Anda terhadap testimony yang mereka berikan. Jika konsumen memberikan ulasan yang positif terhadap produk atau jasa yang Anda berikan maka hal dapat Anda pertimbangkan adalah memberikan diskon. Namun, jika pelanggan memberikan testimoni yang negatif karena kurang puas dengan produk atau jasa yang Anda berikan maka bentuk apresiasi tersebut juga dapat ditunjukkan dengan segera memperbaikinya.

Konsumen Anda juga perlu tahu bahwa testimoni mereka sangat penting untuk bisnis Anda, karena dengan testimony tersebut Anda dapat terus melakukan perbaikan. Anda juga dapat menyampaikan kepada konsumen bahwa ulasan yang mereka berikan akan sangat membantu bisnis Anda. Agar konsumen tidak kesulitan dalam memberikan alasannya maka Anda juga harus memudahkan proses tersebut.

Terima Semua Ulasan Pelanggan Meskipun Buruk Sekalipun

Testimoni bukan hanya dibuat untuk membuat ulasan positif terhadap usaha Anda karena terkadang konsumen juga tidak segan memberikan testimoni yang negatif. Segala sesuatu memang tidak terlepas dari baik dan buruk sehingga Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Ulasan negatif dari konsumen ini bisa Anda jadikan bahan evaluasi sehingga dapat meningkatkan kualitas usaha Anda.

Jika Anda berpikir ingin mendapatkan ulasan mayoritas positif tentu itu adalah hal yang wajar. Namun, para konsumen akan merasa aneh jika semua ulasan tersebut dibanjiri dengan ulasan positif mengingat segala sesuatu mempunyai kelebihan dan kelemahan. Dengan adanya ulasan negative ini, konsumen juga akan mengetahui jika ulasan yang diberikan itu nyata karena tidak hanya memuat ulasan positif.

Memberikan Diskon Spesial

Diskon merupakan cara mendapatkan testimoni pelanggan yang cukup efektif karena mereka bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Selain dapat meningkatkan testimony, cara ini juga efektif agar konsumen kembali memilih produk atau jasa yang Anda berikan. Anda dapat membuat template chat dan mengirimkannya setelah konsumen melakukan order di tempat Anda. Berikut adalah contoh template chat yang dapat Anda gunakan;

“Hi, Kak. Kami akan memberikan diskon spesial untuk order selanjutnya dengan ketentuan kakak harus memberikan testimoni. Jika kakak merasa puas dengan produk kami, silahkan mention di media sosial kami dan sampaikan kesan positif Anda. Terima kasih telah berbelanja di toko kami.”

Agar dapat menggunakan diskon yang ditawarkan maka konsumen akan semangat dalam memberikan testimoninya. Untuk sampan konsumen Anda dapat menyesuaikan dengan segmen konsumen Anda seperti bunda, moms, ladies dll.

Undian Berhadiah

Cara ampuh lainnya untuk meningkatkan testimoni pelanggan yaitu dapat dengan memberikan undian berhadiah. Undian tersebut dapat berupa voucher yang nantinya akan diundi pada waktu yang Anda tentukan. Olshop Anda. Cara memberikan informasi voucher sama dengan diskon yaitu melalui chat setelah order. Anda dapat menggunakan contoh template chat seperti di bawah ini;

“Hi, Kakak. Selamat Anda berkesempatan mendapatkan voucher belanja senilai Rp.150.000,-. Syarat untuk mendapatkan voucher ini yaitu dengan menuliskan testimoni terhadap kepuasan dan kesan positif Kakak, serta jangan lupa mention ke media sosial kami. Voucher akan diundi di akhir bulan, semoga beruntung! Terima kasih sudah berbelanja di Olshop kami.”

Memberikan voucher dengan nilai tertentu akan cukup menggiurkan sehingga konsumen pun akan rajin belanja di Olshop Anda. Hal ini tentu berdampak baik karena semakin sering mereka belajar maka akan semakin sering pula mereka menuliskan testimoninya. Selain itu, cara mendapatkan testimoni pelanggan menggunakan voucher dapat membuat konsumen tidak berpaling dari Olshop Anda serta cara ini pun dapat menarik perhatian calon konsumen baru.

Mengadakan Kontes

Cara ini dapat Anda coba jika Anda memang mempunyai budget tersendiri untuk melakukan promosi. Biasanya toko yang mengadakan kontes adalah toko-toko yang sudah mencapai penjualan yang cukup besar. Dana yang harus Anda persiapkan untuk mengadakan kontes cukup besar karena hadiah harus menarik. Hal ini bertujuan agar konsumen tertarik sehingga mereka akan berbondong-bondong mengikuti kontes yang Anda selenggarakan.

Beberapa hadiah yang dapat Anda berikan untuk pemenang kontes yaitu seperti handphone terbaru, laptop, uang tunai yang bernilai jutaan rupiah atau bahkan tiket jalan-jalan keluar negeri. Anda dapat membuat kontes dengan meminta pelanggan untuk membuat video. Isi video kontes yaitu konsumen harus menggunakan produk yang Anda jual dan harus dibuat sekreatif dan semenarik mungkin. Anda pun harus mencantumkan syarat dan ketentuan dalam mengikuti kontes tersebut. Mereka yang memenuhi kriteria tersebutlah yang nantinya akan mendapatkan hadiah.

Cara mendapatkan testimoni pelanggan yang terakhir ini cukup ampuh mengingat hadiah yang ditawarkan nilainya cukup besar. Secara tidak langsung konsumen sudah memberikan testimoni terhadap produk yang Anda jual melalui video tersebut.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga ulasan mengenai beberapa kiat agar dibanjiri testimoni pelanggan dapat bermanfaat bagi usaha Anda. Jika Anda masih baru memulai usaha startup maka Anda dapat menggunakan cara yang sederhana terlebih dahulu yaitu dengan menanyakannya langsung ke pelanggan. Jika penjualan Anda sudah naik maka Anda pun dapat menggunakan cara menarik seperti pemberian diskon, hadiah atau mengadakan kontes

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *