Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

10+ Bisnis Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

5 min read

BISNIS KERAJINAN TANGAN

Di zaman sekarang, kita bisa menemukan banyak sekali inspirasi kerajinan tangan yang bisa menghasilkan uang. Bahkan, hanya dengan bermodal barang bekas saja, kita sudah bisa membuat kerajinan yang memiliki harga jual.

Kita bisa mengembangkan ide dan kreativitas kita untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang laku di pasaran. Macam-macam kerajinan tangan ini bisa kita buat sendiri dengan mudah. Kalau bingung, kita bisa mencari cara membuatnya di internet.

Ingin membuat kerajinan tangan dari kardus tapi bingung caranya, tinggal buka saja Youtube. Lalu tonton videonya sampai selesai sambal dipraktikkan.

Saya yakin, semua pasti bisa. Asal telaten dan mau berusaha.

Nah, kali ini kami akan merekomendasikan macam-macam kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuatnya.

Bisnis Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang dan Laku di Pasaran

Kalau kamu ingin usaha dengan modal kecil, kamu bisa memulai dengan memanfaatkan barang bekas / daur ulang. Bisnis kerajinan tangan daur ulang nyatanya cukup menguntungkan loh. Di bawah ini contoh produk hasil kerajinan tangan yang mudah dibuat sendiri.

1. Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Berikut beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang menghasilkan uang.

a. Kerajinan Tangan dari Kardus

Konsumsi penggunaan kardus saat ini memang semakin meningkat. Apalagi dengan maraknya jual beli online di Indonesia, membuat kardus menjadi sebuah keharusan untuk urusan packing dan pengaman produk.

Dengan jumlah kardus yang melimpah, banyak kardus yang tidak terpakai bahkan terbuang sia-sia. Kalau kita jeli, kardus bisa didaur ulang menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Banyak hal yang bisa kita buat hanya dari kardus misalnya, lemari buku, rak sepatu, mainan anak-anak, lampu hias, mini studio photo, miniatur kendaraan, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.

Karena sifat kardus yang mudah dibentuk, kita bisa membuat banyak hal. Produk kerajinan seperti ini tentu memiliki aspek estetis dan fungsional.

b. Kerajinan dari Kain Perca

Kreasi yang menghasilkan uang berikutnya adalah usaha dari kain perca. Dengan memanfaatkan limbah kain yang sudah tidak terpakai, kita bisa membuat aneka produk kerajinan tangan yang menarik.

Kalau kita bisa mengolahnya dengan baik, produk yang dihasilkan juga akan terlihat unik dan antimainstream. Kamu bisa membuat tas, pernak-pernik, boneka untuk anak, sarung bantal, dan masih banyak lagi.

Ide usaha untuk membuat kerajinan dari kain perca ada dimana-mana, kamu bisa mencoba usaha ini sekarang juga.

c. Kerajinan Daur Ulang dari Bungkus Kopi

Percaya atau tidak, dulu saya juga pernah membuat kerajinan tas dari bungkus kopi waktu SMP. Dan dengan modal ratusan bungkus kopi, bisa menghasilkan 1 tas yang dijual Rp 20.000. Waktu itu lumayan banget sih dapat segitu, buat jajan.

Itu juga belum pake puring, resleting atau apapun. 100% dari bungkus kopi. Kalau ditambah bahan lain seperti puring pasti hasilnya lebih cantik dan mahal.

Meski kelihatannya sepele, tapi masih banyak juga ibu-ibu yang mau beli kok. Tasnya bisa dipakai untuk wadah makanan atau benda-benda yang lain.

Selain dibuat tas, kita juga bisa membuatnya menjadi tikar, gantungan kunci dan yang lainnya.

d. Usaha Kerajinan Tangan dari Kaleng Bekas

Banyak orang yang membuang kaleng bekas minuman dan menjadi sampah yang tidak berguna. Namun, di tangan orang yang kreatif, sampah kaleng ini bisa dijadikan kerajinan tangan yang punya nilai jual tinggi.

Pengrajin kaleng bekas bisa membuat apa saja, namun yang paling menjanjikan sepertinya membuat miniature kendaraan. Hasilnya luar biasa, tampak otentik dan orisinil.

Bisa dijadikan hiasan ruangan agar tampak lebih indah. Bisnis ini tentu cukup menjanjikan mengingat bahan bakunya yang mudah didapat dan belum terlalu banyak orang yang bermain di bisnis ini.

Jika kita bisa menghasilkan karya seni yang lebih rumit dan indah, bisa saja produknya diekspor ke luar negeri.

e. Usaha Kerajinan Tangan dari Besi Bekas

Besi yang tidak dipakai biasanya akan dijual ke tukang rongsok dengan harga jual yang murah. Namun, jika kita bisa mengolah besi bekas dengan baik, kita bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat.

Rongsokan besi yang tidak dipakai bisa kita sulap jadi berbagai kerajinan tangan seperti miniatur. Besi-besi tersebut bisa kita cairkan terlebih dahulu atau langsung dirakit sesuai keinginan menggunakan teknik las.

Pembuatan kerajinan tangan dari besi memang punya tingkat kerumitan tersendiri, butuh skill untuk membuat kreasi yang keren dan rapih. Karena pembuatannya cukup rumit, harga jualnya pun bisa sangat mahal.

f. Bisnis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Siapa sangka, koran bekas yang sering kita lupakan, bisa menjadi produk yang menjanjikan. Koran bekas yang tak terpakai bisa kita daur ulang menjadi kerajinan tangan yang bisa dijual di pasaran. Dengan sedikit kreativitas, kita bisa membuat aneka kerajinan seperti meja, kursi, lampu hias, tas, dan masih banyak lagi.

Bahkan tidak sedikit yang bisa membuat koran menjadi karya seni yang sangat indah bahkan tidak terlihat seperti terbuat dari koran bekas. Beberapa pengerajin di Indonesia juga ada yang ekspor ke luar negeri.

g. Kerajinan dari Botol Bekas

Membuat kerajinan dari botol bekas tentu tidak terlalu sulit. Kita bisa membuat produk yang menarik dan tidak monoton agar orang lain mau membeli, meski itu dari botol bekas.

Contoh produk kerajinan tangan dari botol bekas misalnya celengan, vas bunga kecil, mainan anak-anak, dan gantungan lampu. Selain bisa dijual, produk kerajinan dari botol bekas juga secara tidak langsung membantu pemerintah dalam mengatasi sampah plastik yang semakin tak terkontrol.

Seperti yang kita tahu, sampah plastik sangat susah terurai dan akhirnya menumpuk begitu saja. Jika dibakar akan mencemari udara, jika dibiarkan akan menumpuk dan menyebabkan banyak hal buruk terjadi seperti banjir dan pencemaran laut.

h. Bisnis Kerajinan Tangan dari Ban Bekas

Dulu, keberadaan ban bekas hanya untuk dibuang dan dibakar saja karena sudah tidak bisa digunakan. Akan tetapi, sekarang sudah banyak orang yang bisa menyulap ban bekas menjadi perabotan rumah tangga yang bisa dijual ke pasaran.

Dengan beberapa ban mobil bekas, kita bisa membuat furniture kursi dan meja yang bisa digunakan di ruang tamu. Selain punya nilai estetis tersendiri, furniture dari ban bekas biasanya lebih tahan lama ketimbang furniture berbahan kayu.

i. Kerajinan dari Limbah Kayu Bekas

Dalam industri kayu, biasanya ada banyak potongan kayu yang menjadi limbah. Limbah kayu ini biasanya digunakan untuk kayu bakar atau dibiarkan begitu saja. Rasanya, sangat disayangkan jika pohon yang sudah ditanam bertahun-tahun dan ditebang, tapi tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Limbah kayu jika diolah lagi bisa menjadi furniture atau karya seni yang berharga jual tinggi. Apalagi jika bahannya berasal dari kayu berkualitas seperti jati, pasti harganya jadi jauh lebih mahal. Dengan teknik kreasi dan pengolahan yang benar, limbah kayu ini bisa sangat menguntungkan.

2. Helm Custom Handmade

Banyak orang yang pakai helm, tapi pakai helm yang biasa-biasa saja. Hanya untuk melindungi kepala dan tidak terlalu memikirkan aspek estetisnya. Namun, ada juga orang-orang yang ingin tampil beda di jalanan.

Mereka pakai helm yang dibuat custom sesuai keinginan sendiri. Misalnya jadi berbentuk seperti topeng Star-Wars, Batman, Iron Man, Predator dan yang lain sebagainya. Saat ini banyak juga pengrajin helm custom dari Indonesia yang sudah bisa ekspor ke luar negeri.

Salah satu perusahaan yang fokus pada lini bisnis ini yaitu Dr. Helmet. Mereka fokus melayani pembelian dari luar negeri dengan harga jual yang bisa berkali-kali lipat dari harga helm aslinya.

Kalau ingin berbisnis helm custom, sebaiknya pintar meriset trend yang disukai pasar, fokus pada kualitas produk, dan memasarkannya ke pembeli yang tepat.

3. Bunga Kertas Artificial

Bunga kertas artificial sekarang sedang trend digunakan millennials untuk acara-acara penting seperti menyambut tamu, ulang tahun, atau dekorasi untuk pernikahan.

Untuk membuat kerajinan bunga kertas artificial dibutuhkan kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Dengan kreativitas itulah, kita bisa membuat model bunga yang cantik dan enak dipandang mata.

Bahan baku yang digunakan juga sederhana dan sangat terjangkau sehingga keuntungan yang didapat cukup besar. Untuk promosi kita bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, melakukan promosi lewat pameran UKM di kota terdekat atau menggaet penyedia jasa wedding organizer untuk bekerja sama.

4. Mahar atau Hantaran

Usaha pembuatan mahar pernikahan ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Setiap kali ada orang yang menikah, pasti membutuhkan mahar sebagai salah satu syarat pernikahan.

Semakin banyak orang yang menikah, semakin banyak pula potensi uang yang bisa didapatkan. Dan pernikahan tidak mengenal musim, pasti ada saja orang yang menikah tiap bulannya.

Peluang usaha ini bisa kita coba dengan modal yang minim. Kita hanya perlu membuat mahar atau hantaran yang menarik sesuai pesanan. Tentu butuh latihan terlebih dahulu untuk mendapat hasil mahar atau hantaran yang maksimal.

5. Dekorasi Interior

Sekarang, desain interior tidak melulu terbuat dari bahan-bahan mahal. Banyak keluarga yang lebih memilih dekorasi simple dari rotan, ranting pohon, atau barang bekas.

Dengan sedikit imajinasi, kita bisa membuat dekorasi yang memanjakan mata. Kalau memang hasilnya bagus, kita bisa menjualnya ke orang lain.

6. Kerajinan Tangan dari Benang Wol

Benang wol merupakan benang yang tebal, biasanya benang ini digunakan oleh kebanyakan orang untuk merajut pakaian seperti sweater, syal, ataupun glove. Namun ada banyak sekali kreasi ataupun kerajinan tangan yang bisa kita ciptakan menggunakan benang yang tebal ini, dan cara membuatnya pun tidak terlalu sulit dan juga tidak membutuhkan peralatan yang mahal.

Dari banyak hal yang bisa kita ciptakan menggunakan benang wol, salah satu diantaranya adalah kita bisa menciptakan sebuah lampion benang. Mungkin di antara kalian ada juga yang semasa sekolah diajarkan hal semacam ini.

Dari sekian banyak benang yang sering kita temui, benang dari wol merupakan salah satu yang cukup tebal. Benang ini biasa digunakan untuk pakaian sweater, glove, syal, atau jaket. Selain itu, benang wol ternyata bisa dibuat aneka kerajinan tangan yang menarik.

Untuk proses pembuatan kerajinannya sendiri cukup mudah, peralatan yang dibutuhkan juga sederhana. Salah satu contoh kerajinan tangan dari benang wol yaitu lampion benang. Cara membuatnya yang paling simple yaitu dengan memanfaatkan balon. Kita tiup balon bundar, olesi balon dengan lem kanji, lalu lapisi balon dengan benang wol dan tunggu hingga kering. Setelah itu, kempeskan balon kembali dan singkirkan.

Lampion dari benang wol sudah jadi, saatnya mulai berjualan. Kalau ingin lebih menarik, silakan disesuaikan dengan imajinasi sobat.

Nah itulah beberapa contoh bisnis kerajinan tangan yang menghasilkan uang dan laku di pasaran. Kita bisa memulai usaha kerajinan tangan ini dari barang bekas atau benda tidak terpakai, tentu modal yang digunakan sangat kecil. Dengan keuletan dan daya juang, seseorang pasti bisa berhasil dalam industri kreatif ini.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *