Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

5 Tips Bisnis Ikan Hias yang Menguntungkan

2 min read

CARA BISNIS IKAN HIAS

Siapa yang tidak suka ikan warna-warni yang berenang di sekitar sungai atau lautan? Akan tetapi jika melihatnya secara langsung ke lautan tentu akan merepotkan. Banyak orang yang lebih memilih untuk menjadikan ikan hias sebagai hewan peliharaan. Selain untuk hobi, kita juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis ikan hias.

Dikutip dari halaman mongabay.co.id, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, saat ini potensi ikan hias di Indonesia jumlahnya mencapai 4.552 spesies dari total 32.400 spesies ikan hias yang ada di dunia. Jumlah sebanyak itu, tersebar luas di perairan air tawar dan air laut.

Sedangkan menurut  nusadaily.com, Indonesia memiliki lebih dari 1.230 spesies ikan air tawar. Jumlah spesies tertinggi dibandingkan negara-negara di dunia. Dari potensi tersebut baru 90 jenis yang dibudidayakan atau 7 persen dari total potensi ikan hias air tawar Indonesia.

Meningkatnya permintaan ikan hias menciptakan peluang untuk mensuplai berbagai jenis ikan hias ke pasaran. Jika kesempatan ini dilewatkan, tentu akan sangat disayangkan.

Maka dari itu, kita akan mengulas peluang usaha ikan hias, prospek bisnis ikan hias dan cara berbisnis ikan hias dengan cara-cara yang mudah dilakukan segera.

Tips Bisnis Ikan Hias yang Menjanjikan

Inilah beberapa strategi dan tips menjalankan bisnis ikan hias yang bisa anda lakukan.

1. Target Pasar Ikan Hias

Dari anak-anak sampai orang dewasa, mayoritas suka dengan ikan hias. Inilah alasan mengapa target pemasaran ikan hias lebih luas dan tidak terlalu dipengaruhi oleh usia.

Akan tetapi, anda harus mengetahui keinginan konsumen mau ikan hias seperti apa. Kenali kebutuhan dan kesukaannya, lalu tawari ikan hias yang cocok dengan itu.

Dibutuhkan wawasan luas mengenai ikan hias supaya anda bisa meyakinkan konsumen untuk membeli ikan hias sesuai kebutuhan mereka.

2. Tempat Usaha

Bisnis ikan hias tentu membutuhkan tempat yang memadai. Dengan begitu, anda bisa menjalankan bisnis ini dengan lebih leluasa.

Anda bisa mencari tempat usaha ikan hias yang ramai dan dilalui banyak orang sehingga konsumen lebih mudah untuk menemukan usaha anda.

Selain tempat strategis, anda juga harus menjalin relasi dengan komunitas pecinta ikan hias atau konsumen yang sudah pernah membeli. Buat hubungan yang baik dan menyenangkan kepada mereka, siapa tau ada peluang untuk mengembangkan usaha.

3. Tingkatkan Wawasan Mengenai Ikan Hias

Ketika anda ingin terjun di bisnis ikan hias, maka anda harus siap mempelajari berbagai informasi seputar ikan hias, baik itu hal-hal basic ataupun spesifik.

Anda perlu mempelajari mengenai cara budidaya ikan hias yang baik, mulai dari cara membeli bibit ikan hias, mengembangbiakkannya, memberi pakan, perawatan, dan lain sebagainya.

Anda bisa belajar secara menyeluruh terlebih dahulu sehingga anda memiliki gambaran untuk menjalankan usaha ini.

Setelah tahu apa yang harus dilakukan, silakan pelajari tiap lini dalam bisnis ini secara spesifik sambil mempraktikkannya.

Learning by doing…

4. Siapkan Peralatan yang Mendukung

CARA BISNIS IKAN HIAS UNTUK PEMULA

Seperti yang sudah disinggung, anda perlu mempelajari berbagai hal seputar ikan hias, salah satunya yaitu mengenai peralatan yang dibutuhkan.

Anda Banyak peralatan yang perlu anda ketahui bahkan miliki demi memperlancar usaha ikan hias ini seperti; aquarium untuk tempat tinggal ikan, kolam pemeliharaan, pompa air, tabung oksigen, selang, terpal, filter, jaring, wadah hingga aksesoris tambahan.

Dengan peralatan yang lengkap, maka anda bisa tambah semangat dan lebih yakin dalam menjalankan usaha ini.

Apabila modal yang anda miliki terbatas, anda bisa membeli peralatannya secara bertahap sesuai kemampuan.

Prioritaskan untuk membeli peralatan-peralatan yang paling penting terlebih dahulu, baru kemudian peralatan yang sifatnya sekunder.

5. Promosi

Semua bisnis pasti membutuhkan yang namanya promosi, tak terkecuali bisnis ikan hias. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, kita bisa mempromosikan bisnis ikan hias ke banyak media online seperti website atau media sosial.

Apabila ingin lebih maksimal, aktivitas promosi juga bisa dilakukan secara langsung dengan brosur atau selebaran yang dibagikan ke orang-orang.

Tampilkan desan promosi dan kata-kata yang menarik, tambahkan juga informasi mengenai bisnis anda dengan detail termasuk alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Selain itu, anda juga bisa bergabung ke dalam komunitas pecinta ikan hias lalu mencari networking sebanyak-banyaknya.

Sering-seringlah ajak mereka ngobrol dan sharing-sharing. Tawarkan bantuan jika mereka sedang membutuhkan, coba berkolaborasi dan saling support satu sama lain.

Semakin banyak hubungan baik yang anda jalin, maka usaha anda bisa berkembang dengan lebih cepat.

Ketika banyak orang yang percaya dengan usaha anda, disitulah promosi dari mulut ke mulut terjadi. Mereka akan mempromosikan usaha anda ke teman-teman, saudara atau orang-orang terdekat mereka.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *