Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

15 Bisnis Dropship Terlaris yang Layak Anda Coba

3 min read

Produk Bisnis Dropship Terlaris

Internet memberikan kesempatan luas bagi mereka yang ingin berbisnis tetapi terkendala modal. Salah satu sistem bisnis yang marak adalah dropship. Secara singkat, Anda menjadi perantara yang mempertemukan pembeli dan supplier. Karena bisnis ini mudah dimasuki, persaingan menjadi sangat ketat. Selain itu, beberapa produk masuk kategori bisnis dropship terlaris karena permintaan dan pasar sangat besar.

Produk Bisnis Dropship Terlaris

Pada umumnya, semua barang bisa dijual secara dropship. Hal tersebut mungkin terdengar aneh tetapi secara konsep memang bisa diterapkan. Anda membuat website atau toko online lalu memasarkan produk dari supplier tertentu. Anda mendatangkan produk langsung dari supplier ke pembeli tetapi atas nama Anda. Ini adalah konsep dasar dari dropship sehingga tidak ada batasan produk. Tentu saja, Anda lebih baik memilih produk dengan permintaan tertinggi agar keuntungan berlipat gAnda. Simak ulasan berikut terkait produk yang masuk kategori terlaris untuk bisnis dropship.

Fashion dan aksesoris

Kebutuhan pokok ada tiga yaitu sAndang, pangan, dan papan. Turunan dari kebutuhan sAndang adalah fashion. Bisnis ini seolah tidak akan mati meskipun banyak sekali pakaian yang dijual. Orang akan tetap membeli sehingga permintaan meningkat apalagi di periode tertentu. Fashion berkaitan dengan pakaian baik untuk pria maupun wanita termasuk anak, sepatu, aksesoris, dan jam tangan. Sebagai penjual, Anda harus mengenal produk tersebut sehingga pilih produk fashion yang sudah terbiasa Anda kenakan.

Kosmetik

Produk kosmetik termasuk yang paling sering dijual dengan sistem dropship. Market untuk produk ini sangat besar dan terus bertambah. Wanita mempunyai impian ingin tampil cantik sehingga permintaan kosmetik seolah tidak akan pernah berhenti. Sama dengan fashion, Anda harus memulainya dari brand terlaris karena sering dipakai dan sudah dikenal. Beberapa kosmetik merupakan produk eksklusif sehingga berpeluang untuk menjualnya dengan harga tinggi.

Smartphone

Menjual smartphone dengan sistem dropship terdengar aneh, namun kenyataan berkata lain. Anda buka marketplace terbesar dan cari sebuah produk smartphone. Ada penjual yang mampu menjual lebih dari 1000 produk. Ada juga yang sebatas 100 bahkan kurang dari 50. Penjual kecil tersebut biasanya menyasar ke daerah tertentu tetapi produk berasal dari sistem dropship. Pertumbuhan pengguna internet semakin tinggi sejalan dengan penjualan smartphone. Jadi, produk ini masuk kategori terlaris.

Barang Custom

Produk lain yang sering dijual dengan sistem dropship adalah barang custom. Contohnya adalah aksesoris, sepatu, tas, pakaian, perlengkapan, dan sebagainya. Anda melakukan promosi sebuah layanan custom untuk mendapatkan order. Namun, pembuatnya bukan Anda sendiri. Anda hanya perantara dan bertanggung jawab terhadap proses transaksi. Satu supplier memiliki kerjasama dengan berbagai penjual dropship untuk memperluas jangkauan pasar.

Makanan

Anda kembali lagi ke kebutuhan pokok manusia dan salah satunya adalah pangan. Sama dengan fashion, bisnis makanan tidak akan pernah mati. Anda sering melihat produk yang tetap bertahan bahkan semakin sukses karena menjual makanan yang sama. Setiap orang memiliki keinginan berbeda terkait makanan. Dengan potensi yang besar, bisnis makanan juga mengAndalkan sistem dropship. Anda bisa menjual berbagai jenis makanan dari yang biasa sampai unik dan berbeda.

Furnitur

Produk lain yang juga masuk kategori terlaris di bisnis dropship adalah furnitur. Penjualannya menyesuaikan dengan kebutuhan. Orang mungkin tidak membeli furnitur setiap hari tetapi permintaan selalu ada. Anda bisa menggabungkan bisnis ini dengsn sistem custom. Selain menjual produk umum, Anda juga menawarkan furnitur custom sesuai dengan keinginan pembeli.

Perlengkapan bayi dan rumah tangga

Produk yang sering dijual dengan sistem dropship adalah eprlengkapan bayi. Sejak lahir, manusia sudah menjadi objek bisnis apalagi bayi. Hal tersebut memberikan peluang untuk menjual produk yang mampu memenuhi kebutuhan bayi. Hal yang sama berlaku pula untuk perlengkapan rumah tangga. Semua orang membutuhkannya sehingga permintaan selalu tinggi. Banyak penjual dropship yang menawarkan barang-barang tersebut sehingga menjadi sangat laris.

Produk kesehatan

Produk terlaris selanjutnya adalah produk berbasis kesehatan seperti suplemen, vitamin, alat kesehatan umum, dan sebagainya. Produsen dan supplier menggunakan jasa dropship untuk memperluas pasar. Anda harus jeli ketika ingin memasarkan produk ini. Pastikan Anda berada di target pasar yang tepat agar penjualan meningkat secara signifikan.

Tips Berbisnis Dropship

Bisnis dropship sangat mudah sehingga banyak orang melakukannya. Sistem ini tidak membutuhkan toko dan produk karena Anda bisa menjualnya dengan cara online. Berbagai marketplace menjadi media untuk membuka toko online dan menerapkan bisnis dropship. Agar Anda sukses di bisnis ini, simak tips berikut sebagai referensi.

Survey pasar, permintaan, dan konsumen

Keunggulan bisnis dropship adalah risiko rendah sehingga banyak yang mengabaikan analisis pasar. Sama dengan bisnis lainnya, Anda harus memulai dengan melihat kondisi pasar seperti permintaan dan konsumen. Produk fashion sedang laris dan Anda membuka toko online untuk menjualnya. Hal yang sama juga diterapkan untuk produk seperti makanan, perlengkapan bayi, dan smartphone. Anda melihat produk tertentu memiliki peluang besar dan masih jarang yang menjualnya. Ini kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Produk dan supplier

Dropship tidak membutuhkan tempat untuk menyimpan stok. Anda memesan langsung dari supplier dan mereka segera mengirim ke konsumen. Namun, Anda bertanggung jawab langsung terhadap konsumen. Untuk memastikan bahwa produk siap dan tidak ada kendala, Anda harus mencari supplier yang memiliki reputasi baik. Mereka juga menjual secara langsung tetapi tidak menutup diri dengan sistem dropship.

Marketplace dan sistem dropship

Pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah cara untuk memasarkan bisnis dropship. Jawabannya adalah marketplace online. Anda tidak perlu membuka toko langsung karena semuanya transaksi dan penjualan telah menggunakan aplikasi. Pilihlah marketplace dengan jumlah pengguna besar. Anda bisa membuat beberapa toko online di marketplace berbeda untuk menjangkau pasar lebih luas.

Merk dan marketing

Dropship adalah bisnis sehingga tata cara berbisnis dapat diterapkan. Anda memulai dengan membuka toko dan membuat brand. Setelah itu, Anda melakukan marketing seperti promosi langsung dan iklan secara online. Cara lain yang juga efektif adalah promosi melalui social media bahkan Anda juga bisa melakukan disana.

Komunikasi

Anda adalah perantara di bisnis dropship. Komunikasi berperan penting untuk menunjang bisnis ini. Anda harus memberikan kejelasan terkait status barang ke konsumen. Disisi lain, Anda juga memastikan barang tersebut tersedia dan siap dikirim. Inilah tantangan berbisnis dengan sistem dropship. Jika komunikasi berlangsung baik, bisnis akan kebanjiran order dan transaksi semakin meningkat.

Tips diatas berguna bagi mereka yang ingin terjun di bisnis dropship. Karena sangat mudah, banyak orang yang sering menyepelekannya. Anda perlu menekuni bisnis ini secara serius agar sukses. Semuanya harus menggunakan sistem dan prosedur yang tepat agar keuntungan berlimpah.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *