Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Cara Bisnis Agen Kuota Mudah dan Praktis

3 min read

Cara Bisnis Agen Kuota Mudah untuk Pemula

Dahulu, kebutuhan pokok tidak akan jauh dari beras dan lauk pauknya. Plus pakaian untuk aktivitas sehari-hari.

Tapi kini, kebutuhan pokok sudah semakin melebar. Terutama ketika masyarakat bisa mudah memiliki telepon seluler.

Sejak telepon seluler lebih memasyarakat, terutama di kalangan menengah bawah, kebutuhan terhadap pulsa pun jadi “naik kelas”. Bukan lagi kebutuhan sekunder, tapi sudah menjadi kebutuhan primer.

Nah, dalam satu dekade terakhir, kebutuhan kuota internet sudah mampu menyalip kebutuhan pulsa di masyarakat. Pasalnya, saat ini mayoritas masyarakat , terutama yang tinggal di perkotaan, sudah menggunakan smartphone alias telepon pintar.

Telepon jenis ini lebih butuh kuota internet ketimbang pulsa. Karena itu, peluang untuk menjadi agen kuota internet pun masih sangat besar.

Tapi, bagaimana cara bisnis agen kuota? Tinggal ikuti saja artikel ini sampai tuntas ya.

Eits, sebelum mengetahui lebih dalam cara bisnis agen kuota, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu apa sih keuntungan dalam bisnis ini. Karena, sebuah usaha tanpa ada proyeksi keuntungan hanya sebuah kesia-sian belaka.

Keuntungan Bisnis Agen Kuota

 

Satu hal yang pasti, ketika Anda memutuskan untuk menjadi agen kuota, Anda bisa membuka konter sendiri. Tak perlu lagi mengisi deposit di konter yang lain. Karena saat Anda telah menjadi agen kuota, khususnya yang all operator, Anda hanya tinggal mengisi saldo pada akun yang terhubung dengan server utama.

Kemudian, penjualan kuota internet hanyalah sebuah pintu gerbang bagi usaha lain yang terkait. Ya, Anda bisa melakukan diversifikasi usaha saat sudah menjadi agen kuota. Terutama usaha-usaha yang sejenis.

Seperti menjual token listrik, voucher game, isi saldo Gopay atau Ovo, hingga pembayaran tagihan-tagihan rumah tangga. Artinya, sumber pemasukan Anda akan beragam.

Karena, pada dasarnya keuntungan yang didapat dari menjual kuota pulsa “hanya” recehan. Keuntungannya tidaklah besar. Tapi ingat, kuota internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Terutama yang tinggal di kota-kota besar.

Jadi, meski receh jika dikumpul dan terus dikumpul pasti akan menjadi gunung bukan?

Nah, sekarang Anda akan memasuki menu utama dari tulisan ini, yaitu cara bisnis agen kuota.

Cara Bisnis Agen Kuota yang Mudah dilakukan

CARA BISNIS AGEN KUOTA INTERNET

Saat ini ada banyak suplier yang bisa membantu Anda memulai bisnis kuota internet. Namun, tetap hati-hati dalam memilih suplier atau server kuota yang terpercaya dan punya reputasi bagus.

Bagaimana cara memilih suplier yang bagus untuk usaha kuota internet Anda? Berikut sedikt gambarannya:

Cermati server yang dipilih, apakah selalu memberikan update harga atau tidak. Sehingga Anda akan tahu berapa keuntungan yang didapat saat sudah bergabung dengan suplier tersebut. Terlebih lagi, saat ini ada banyak suplier yang memberikan harga promo saat belum mendaftar. Namun ketika sudah resmi terdaftar, harga asli baru dikeluarkan. Bahkan bukan mustahil harga yang dimunculkan kemudian lebih mahal dari harga promo.

Pastikan server atau suplier yang akan dijadikan partner menyediakan produk yang lengkap. Baik dalam kuota internet maupun pulsa biasa. Semakin bervariasi maka akan semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa didapat.

Kemudian suplier yang dipilih punya layanan customer service yang selalu siap setiap saat dibutuhkan. Hal ini penting Anda dapatkan untuk membantu menghadapi complain dari pelanggan. Pastikan juga customer service mereka cukup responsif setiap kali Anda menghubungi mereka untuk meminta bantuan.

Setelah memastikan suplier mana yang akan dijadikan partner usaha, kini saatnya Anda untuk mendaftarkan diri di suplier tersebut.

Saat ini, umumnya suplier kuota dan pulsa sudah menyediakan website untuk tempat pendaftaran. Sehingga Anda pun bisa lebih hemat waktu dan tenaga saat melakukan pendaftaran.

Isi formulir yang disediakan, dan isi seluruh kolom dengan data yang benar dan valid. Terutama untuk nomer telepon dan alamat email. Karena pihak suplier akan melakukan verifikasi melalui email maupun telepon.

Jika nomor telepon dan email yang Anda daftarkan tidak aktif dapat dipastikan proses pendaftaran akan mengalami kegagalan. Jadi pastikan nomor telepon dan email yang ditulis dalam formulir memang masih aktif dan sering Anda gunakan.

Tahap berikutnya saat akun Anda sudah terverifikasi, maka Anda harus melakukan deposit. Saldo deposit inilah yang menjadi modal Anda untuk melayani kebutuhan kuota maupun internet.

Untuk mempermudah transaksi, ada baiknya pilih suplier yang menyediakan sistem pembayaran secara transfer. Sehingga Anda bisa dengan cepat dan mudah untuk mengisi ulang saldo sebelum benar-benar habis.

Nah, setelah mengisi deposit dengan jumlah tertentu, Anda bisa langsung mengajukan diri sebagai agen atau reseller. Sehingga Anda bisa mendapat harga dasar yang lebih murah lagi.

Biasanya, proses meng-upgrade akun menjadi agen tidak dipungut biaya. Tapi ada juga suplier yang meminta pembayaran agar Anda bisa meningkatkan status penjual menjadi agen.

Jika semuanya sudah terpenuhi, Anda bisa langsung jualan. Bisa dimulai di konter yang memang sudah Anda sediakan untuk berjualan kuota internet. Bisa juga dengan gaya door to door, melalui saudara atau teman terdekat.

Tips Memulai Bisnis Agen Kuota Internet

Setiap usaha atau bisnis tentu selalu menyimpan risiko. Nah, Anda sebagai pengusaha bertugas untuk meminimalkan risiko tersebut. Termasuk risiko yang bisa didapat saat berbisnis kuota internet.

Pertama tentu saja memilih suplier yang memang terpercaya. Karena ini akan menjadi pondasi kesuksesan bisnis Anda. Bisa dicek dari testimony pelanggan, maupun rekomendasi dari sesame agen kuota yang Anda kenal.

Hindari suplier yang meminta biaya pendaftaran hingga ratusan ribu rupiah. Karena kadang kala ada suplier yang merupakan jaringan bisnis MLM yang tidak ada hubungannya denga bisnis yang akan Anda kembangkan.

Kedua, jangan mudah tergiur harga murah. Memang, harga murah menjanjikan keuntungan besar. Namun, jika harga yang ditawarkan suplier tidak wajar, sebaiknya Anda segera mencari suplier lain.

Umumnya, setiap suplier akan mematok harga yang tidak jauh beda. Selisih harga bahkan bisa hanya beberapa puluh rupiah saja. Jadi , ketika ada suplier yang menawarkan harga tidak wajar, lebih segera Anda tinggalkan.

Ketiga, meski Anda punya modal besar jangan langsung mengisi deposit dalam jumlah banyak. Apalagi di awal-awal Anda bermitra dengan suplier tersebut. Bisa mengawalinya dengan mengisi saldo deposit Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu saja.

Jika sudah mulai lebih mengenal suplier, Anda pun bisa meningkatkan saldo deposit. Apalagi jika pelanggan Anda sudah semakin banyak, tentu akan butuh deposit yang besar.

Sekilas, bisnis kuota internet mudah dilaksanakan dan menjanjikan keuntungan. Namun, semuanya tetap berpulang kepada niatan Anda dalam membuka usaha. Kalau dijalani biasa-biasa saja, hasil yang didapat pun tidak akan pernah maksimal.

Namun, jika dilakukan secara sungguh-sungguh dan penuh kerja keras, ditambah kejujuran, maka hasil yang penuh berkah bukan lagi sekadar khayalan. Bukan mustahil Anda justru kelak bisa menjadi suplier. Bukan lagi sekadar agen kuota internet dan pulsa telepon.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *