Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Barang yang Laku di Instagram

3 min read

Barang yang Laku di Instagram

Media sosial sudah menjadi kebutuhan apalagi berkembang internet semakin luas. Anda tidak butuh laptop karena smartphone sudah mampu menghasilkan banyak uang. Karena potensi yang besar, banyak pengusaha baik kecil dan besar menggunakan media Instagram. Beberapa barang jualan yang laku di Instagram karena memiliki pasar yang besar dan permintaan tinggi.

Produk dan Barang Jualan Yang Laris Di Instagram

Saat pertama kali diluncurkan, Instagram adalah sosial media untuk sharing foto. Pengguna menggunakan foto untuk keperluan pribadi dan berbagi dengan teman atau follower. Namun, perkembangan sosial media ini sangat pesat bahkan menempati posisi puncak. Akun dengan follower ribuan memiliki potensi marketing. Bayangkan jika akun tersebut mempunyai follower hingga jutaan. Pemilik dapat menjadikan akun sebagai media bisnis.

Agar sukses berjualan di Instagram, Anda harus jeli terkait target pasar. Beberapa produk dapat dijual melalui media sosial ini. Barang yang laris di Instagram akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

  1. Fashion wanita dan pria

Produk yang terlaris di Instagram adalah fashion baik pria maupun wanita. Anda sering melihat akun yang menjual produk fashion. Mereka menjual berbagai jenis pakaian dengan brand yang bervariasi. Beberapa akun menjual produk khusus misalnya fashion pria. Selain itu, ada pula akun official dari sebuah merek yang menjual produk fashion tertentu misalnya dress untuk wanita.

 

  1. Fashion anak-anak dan bayi

Selain fashion untuk dewasa, produk lain yang juga laris adalah fashion untuk anak-anak dan bayi. Para ibu berusaha mencari produk yang sesuai untuk bayi dan Instagram adalah tempat yang tepat. Penjual mengunggah foto produk dan menyebarkannya dengan hastag yang tepat.

 

  1. Kosmetik

Fokus dari sosial media ini adalah visual artinya foto dan gambar sangat berperan penting hal tersebut tampak dari produk kosmetik yang sering dijual oleh banyak pengguna Instagram. Produk ini memiliki target pasar para wanita. Mereka memilih untuk membeli langsung via Instagram sebab dapat berinteraksi dan berhubungan dengan penjualnya.

 

  1. Jam tangan

Barang jualan yang laku selanjutnya adalah jam tangan. Produk ini tersedia dengan berbagai pilihan. Anda bisa membeli jam tangan untuk pria atau wanita. Pada umumnya, penjualan jam tangan di Instagram terdiri dari dua kategori. Yang pertama adalah jam tangan serbaguna dengan harga terjangkau. Kategori kedua adalah jam tangan eksklusif dengan desain dan harga diatas rata-rata. Masing-masing memiliki pasar tersendiri di Instagram.

 

  1. Makanan dan minuman

Jika berbicara bisnis, makanan akan menempati posisi utama sebagai produk dengan permintaan stabil. Anda bisa menggunakan Instagram untuk menjual makanan dan minuman. Jenis makanan tidak terbatas dari produk olahan dan ekring hingga yang siap antara. Peluang bisnis ini sangat besar karena ada ratusan juta pengguna Instagram dan masing-masing memiliki selera yang berbeda.

 

  1. Perlengkapan rumah tangga

Instagram adalah tempat yang tempat untuk mencari perlengkapan rumah tangga. Sama dengan fashion dan makanan, banyak sekali penjual perlengkapan apapun terutama rumah tangga. Produk tersebut juga termasuk furniture bahkan sampai alat-alat tukang.

 

  1. Barang secondhand

Anda ingin menjual barang bekas pakai tetapi masih layak. Contoh produknya adalah pakaian, jam tangan, kendaraan, buku, alat elektronik, komputer, smartphone, dan sebagainya. Media penjualan yang sesuai adalah Instagram. Penjual mengunggah semua foto secara lengkap yang menjelaskan kualitas dan kondisi barang tersebut. Pembeli akan menghubungi secara langsung dan bertanya sebelum membelinya.

 

  1. Hadiah

Anda ingin mencari souvenir untuk pesta atau wisuda. Hadiah atau kado adalah produk yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Anda bisa menggunakan Instagram untuk mencari hadiah unik dan terjangkau. Banyak sekali penjual dan pengrajin menawarkan produk mereka di Instagram.

 

  1. Produk digital

Selain produk fisik, beberapa pengguna memanfaatkan Instagram untuk menjual produk digital. Contohnya adalah software dan lisensi termasuk aplikasi dan game. Contoh produk lain adalah e-book, musik, film, pulsa, dan sebagainya.

 

  1. Paket wisata

Anda ingin berwisata dan banyak agen wisata menawarkan paket wisata di Instagram. Mereka memberikan penawaran menarik terutama saat musim libur. Anda bisa memperoleh diskon besar karena memesan langsung dari agen tersebut tanpa perantara. Produk ini termasuk hotel, tiket, akomodasi, dan sebagainya.

Tips Berjualan Di Instagram

Daftar produk terlaris di Instagram memiliki fungsi sebagai acuan. Penjual atau pengusaha pemula dapat memulai bisnis dari sesuatu yang sering dilihat orang. Kendalanya adalah produk memiliki banyak saingan meskipun market sangat besar. Anda harus memiliki strategi jitu agar bertahan dan berhasil menjual barang. Berikut ini tips berjualan di instagram, yang dapat diterapkan.

  1. Akun khusus dan bisnis

Langkah pertama adalah Anda membuat akun khusus untuk jualan. Instagram menyediakan akun bisnis untuk perusahaan. Namun, Anda bisa memulainya dengan akun biasa tetapi hanya berisi konten-konten berjualan bukan postingan pribadi.

 

  1. Upload foto dan deskripsi

Perlu Anda ketahui, pengguna Instagram lebih mementingkan foto dan deskripsi sebagai panduan. Anda perlu menampilkan foto menarik dan elegan serta merupakan foto sebenarnya. Selain itu, tambah pula caption atau deskripsi untuk menunjang foto tersebut. Foto harus jelas dan menunjukkan kualitas sebenarnya. Jika produk tersebut adalah barang secondhand, Anda harus menunjukkan kelebihan dan kekurangan secara seimbang.

 

  1. Promosi dan endorse

Karena persaingan ketat, Anda harus melakukan marketing dan promosi yang tepat. Caranya adalah endorse atau paid promote dengan bantuan pengguna lain yang memiliki follower berlimpah. Saat ini, Anda mengenal istilah selebgram yaitu mereka yang terkenal di Instagram. Anda bisa bekerjasama atau menyewa jasa mereka untuk memperkenalkan produk.

 

  1. Hashtag dan giveaway

Instagram menggunakan hastag sebagai kata kunci. Ketika ingin mencari jam tangan, pengguna cukup menuliskan hashtag. Agar muncul di pencarian, produk dan toko online Anda harus menggunakan hastag yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa memberikan giveaway berupa bonus atau hadiah kepada follower. Cara ini bisa meningkatkan pengunjung dan interaksi.

 

  1. Soft selling

Anda pernah melihat sebuah akun yang menampilkan postingan tertentu sembari berjualan. Konten mereka tidak mengajak orang untuk membeli secara langsung. Sebaliknya, mereka menggunakan soft selling dengan konten-konten umum tetapi mengandung marketing. Cara promosi seperti ini sudah sering digunakan dan memiliki apresiasi bagus. Anda sendiri mungkin tidak nyaman dengan permainan kata-kata manis marketing. Orang akan mudah mendeteksinya dan memberikan respon negatif. Namun, hal tersebut berbeda apabila konten menggunakan soft selling karena pengunjung mendapatkan manfaat dan tidak ada kata-kata yang menjurus penjualan.

Instagram hanya sebagai media sama seperti website, toko online, marketplace, bahkan kios di pasar. Anda harus menjalankan bisnis dengan serius terutama ketika calon pembeli ingin mengetahui lebih banyak tentang produk tersebut. Satu hal terpenting ketika berjualan di Instagram adalah kejujuran.

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *