Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Arti Status Pengiriman JNE Lengkap

3 min read

ARTI STATUS PENGIRIMAN JNE

Kalau kamu ingin antar barang ke luar kota, maka kamu bisa menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE. Ekspedisi yang sudah berdiri sejak 26 November 1999 ini sudah sangat familiar di Indonesia, bahkan hampir di setiap pelosok sudah terdapat kantor dan agen JNE.

Ini sangat memudahkan masyarakat terutama untuk keperluan jual beli secara online. Saat kamu mengirim atau menerima paket melalui JNE, biasanya akan diberikan nomor resi.

Apa itu nomor resi JNE?

Arti resi JNE adalah nomor bukti pengiriman JNE yang digunakan untuk melacak posisi paket sudah sampai dimana.

Nomor resi JNE umumnya berupa secarik kertas yang di dalamnya terdapat kode unik berupa angka dan huruf, identitas pengirim, identitas penerima, biaya kirim, jenis layanan, dan isi paket yang dikirim.

Untuk melacak posisi paket menggunakan resi, kamu bisa mengunjungi situs resmi JNE atau menggunakan aplikasi MyJNE di smartphone kamu.

Lebih jelasnya, kamu bisa membaca Cara Mengecek Paket JNE Secara Online. Di artikel tersebut, saya sudah menjelaskan secara detail langkah demi langkah.

Setelah mengecek nomor resi, maka akan muncul informasi mengenai status pengiriman JNE. Banyak istilah – istilah pengiriman yang cukup asing seperti On-Proses, Transit, Manifested, Pending dan lain-lain.

Lebih jelasnya, bisa lihat gambar di bawah ini.

ARTI STATUS PENGIRIMAN BARANG JNE

Bagi yang belum paham tentu cukup membingungkan. Maka dari itu, kali ini saya akan menjelaskan arti status pengiriman JNE tersebut satu per satu.

Kebetulan saya memiliki usaha di bidang fashion dan cukup sering berbelanja online, jadi lumayan tahu arti status JNE dan proses pengirimannya.

Arti Status Pengiriman JNE

Untuk mempermudah pencarian, saya akan menjelaskannya secara bertahap. Kita mulai dengan arti status secara singkat kemudian dilanjutkan dengan penjelasan yang lebih detail. Kamu bisa langsung klik link di daftar isi untuk menuju penjelasan lengkapnya.

Status JNE Arti Status JNE
SHIPMENT RECEIVED BY JNE COURIER OFFICER AT [nama kota] Paket sudah diantar oleh pengirim dan diterima oleh agen JNE sesuai dengan lokasi pengiriman.
SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER Status paket sudah diambil oleh pihak JNE untuk diantar ke agen selanjutnya.
RECEIVED AT SORTING CENTER Paket sudah sampai di tempat sortir untuk selanjutnya dilakukan penyortiran berdasarkan kota tujuan.
PROCESSED AT SORTING CENTER Arti Processed at Sorting Center yaitu paket sedang dalam proses sortir untuk memilah paket berdasarkan kota tujuan.
RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY Paket sudah sampai di gudang JNE baru yang selanjutnya akan dikirim melalui jalur darat ataupun udara.
DEPARTED FROM TRANSIT Paket sedang transit lalu akan dikirim ke kota tujuan, transit biasanya untuk pengiriman antar pulau.
RECEIVED AT WAREHOUSE Paket telah sampai di gudang kota tujuan untuk kemudian dikirim ke agen pusat JNE tingkat kabupaten.
SHIPMENT FORWARED TO DESTINATION Paket telah diproses untuk pengiriman ke kantor pusat tingkat kabupaten terdekat sesuai alamat tujuan.
RECEIVED AT INBOUND STATION Paket sudah sampai di sub agen JNE tingkat kecamatan yang menangani paket di area tersebut.
WITH DELIVERY COURIER Paket sedang di antar oleh kurir ke alamat tujuan penerima, artinya penerima harus ada di lokasi dan nomor handphone-nya aktif agar bisa dihubungi.
DELIVERED TO [nama penerima] Paket berhasil dikirim oleh kurir dan sampai ke tangan penerima. Status ini umumnya muncul setelah status With Delivery Courier dan pada status resi dituliskan nama penerimanya.

Umumnya, urutan proses pengiriman JNE yang normal seperti di atas. Akan tetapi, pada beberapa kasus terjadi kesalahan pengiriman sehingga ada istilah lain yang menunjukkan status pengiriman JNE sedang bermasalah.

STATUS CEK RESI JNE ARTI STATUS PENGIRIMAN JNE
ON-PROCESS Barang sedang proses pengiriman oleh pihak JNE.
ON-TRANSIT Barang sedang transit, biasanya untuk pengiriman antar pulau.
MISROUTE (MR) Rute pengiriman salah atau tidak tepat.
JNE ON PROCESS Paket sedang dalam proses kirim namun seringkali berhenti di status ini dikarenakan sistem bermasalah atau statusnya belum diperbarui oleh pihak JNE.
HAND OVER (HO) Barang sedang diserahkan ke pihak lain untuk selanjutnya dikirim ke agen JNE terdekat dengan alamat tujuan.
HIGH VALUE SHIPMENT (HVS)

 

HO TO HVS

Paket termasuk barang berharga yang harganya sekitar 10x atau lebih dari harga ongkir. Kemudian, paket akan diurus oleh bagian khusus yang menangani barang-barang berharga sehingga lebih aman.
CRISS CROSS (CC) Kemungkinan besar barang yang sedang dikirim salah atau tertukar dengan barang orang lain.
LUAR BATAS ANTAR (LBA) Alamat tujuan terlalu jauh dari jangkauan agen JNE, biasanya berada di pelosok dan sulit diantar dengan kendaraan. Solusi pada umumnya penerima harus datang sendiri ke kantor JNE terdekat.
HO HOLD FOR FURTHER INSTRUCTIONS Paket sedang ditahan oleh pihak JNE untuk instruksi selanjutnya dari pengirim/penerima.
HOLD REQUEST BY SHIPPER Paket ditahan karena beberapa alasan atau permintaan dari pengirim/penerima.
HOLD RUSAK Barang sedang ditahan oleh JNE karena ada kerusakan.
BAD ADDRESS (BA) Kurir tidak bisa menemukan alamat tujuan. Hal ini bisa terjadi karena pengirim salah menulis alamat atau penulisan alamat tidak ada RT/RW, No. rumah, nama jalan, gang, kampung, kode pos, atau tidak disertai patokan rumah.
ANTAR ULANG (AU) Paket telah diantar oleh kurir JNE tetapi di hari sebelumnya belum diantar, karenanya akan dikirim kembali hari ini.
AU TO OPS paket di antar ulang ke bagian operasional
REDELIVERY Pada hari sebelumnya, paket telah diantar kurir akan tetapi tidak ada yang menerima sehingga dikirim ulang. Status ini mirip dengan Antar Ulang (AU).
BOX UNDEL (BOX UNDELIVERED) Paket tidak terkirim, mungkin karena ada kesalahan.
BOX DELAY Barang tertunda/terlambat karena kemungkinan terdapat masalah
FORCE MAJEURE JNE Arti Force Majeure JNE kemungkinan dikarenakan sedang hari libur atau tidak ada petugas kurir yang mengantar. Biasanya paket akan segera dikirim ketika sudah memungkinkan.

 

ISTILAH PENGIRIMAN JNE ARTI STATUS JNE
DESTINATION CORRECTION Mengoreksi tujuan penerima supaya benar.
CLOSED ONCE DELIVERY ATTEMPT Kurir telah mengantar paket ke alamat, akan tetapi tidak ada penerimanya sehingga akan diantar hari berikutnya.
STATUS KOSONG Terjadi kesalahan input data oleh pihak JNE, bekum masuk manifest atau terdapat kesalahan pada database sehingga muncul status pengiriman seperti ini.
INVALID BAG STATUS Barang salah masuk ke dalam tas kurir JNE. Umumnya ada beberapa kurir yang mengantar dan dibagi tiap daerah, ketika muncul INVALID BAG STATUS maka kemungkinan paket tertukar di dalam tas kurir yang lain.

 

NOT AT HOME (NTH) Saat paket tiba di alamat, tidak ada penerima atau rumah sedang kosong
PENDING UNDEL (PENDING UNDELIVERY) Arti status Pending Undelivery yaitu paket sedang ditunda pengirimannya.
MANIFEST Barang telah dimasukkan ke dalam daftar pengiriman oleh pihak JNE.
CONSIGNEE UNKNOWN (CNEE UNKNOWN) Status pengiriman JNE seperti ini berarti nama penerima paket tidak ada dalam alamat tersebut. Seharusnya nama penerima ditulis dengan benar, jelas dan diketahui masyarakat sekitar.

Baca juga: Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai arti status pengiriman JNE yang seringkali membuat bingung masyarakat awam. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa menambah wawasan mengenai transaksi jual beli online dan pengiriman barangnya.

 

Rifa Seorang blogger dan internet marketer asal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif mengelola beberapa blog dan berjualan produk fashion secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *